Startup Indonesia | Bisnis Online | Cara membuat toko online | Peluang Dan Ide Bisnis Online

RSS
new

Kebebasan Adalah Jantungnya Pengusaha by @JakaWira

Posted by & filed under Featured, Motivation & Inspiration.

Cara menjadi pengusaha sukses Jaka Wira

cara menjadi pengusaha sukses

Editor’s note : Jaka Wiradisuria adalah Founder & CEO Valadoo.com, sebuah startup di bidang pariwisata yang pada pertengahan tahun 2012 diakuisisi oleh Wego ( Travel tech company dari Aussie yang didirikan tahun 2006 dan saat ini menjadi salah satu search engine travel paling lengkap di dunia yang beroperasi di lebih dari 50 market di dunia). Artikel lain tentang Jaka Wira bisa dibaca di  @Jakawira : Mendirikan @VLDOO , Mengubah Konsep , Diakuisisi Salah 1 Portal Travel Search Terbesar Dunia !

 

Jadi, jangan berpikir mau jadi pengusaha kalau Anda tidak bisa bebas merdeka, sesederhana itu! … Kebebasan adalah jantungnya sang wiraswasta; the heart of the entrepreneur – Bob Sadino, Mereka Bilang Saya Gila!

Ir. Ciputra menyebutkan bahwa secara umum ada 3 jenis pengusaha, pengusaha oleh alam (latar belakang keluarga), pengusaha oleh-kecelakaan, dan pengusaha dengan learning.

Tulisan ini akan memusatkan perhatian pada jenis terakhir karena banyak orang di sekitar kita dikelompokkan menjadi golongan yang terakhir karena banyak dari kita yang dididik dalam budaya yang kuat dari latar belakang akademis konservatif (yaitu ITB, UI, ITS , dll) namun memiliki semangat yang sangat kuat untuk memulai usaha sendiri. Kebanyakan dari kita adalah tipe orang yang berusaha mengubah atau memperkuat DNA kita yang bersifat ‘opportunity-seeking-value creating-DNA’ dengan mengekspose diri kita secara langsung kepada dunia entrepreneurial.

Sudah sejak lama saya mencari jawaban apa saja hal yang benar-benar menggagalkan keinginan kebanyakan orang untuk mulai mewujudkan impian kewirausahaan mereka. Banyak juga alasan yang kuat yang telah disampaikan oleh banyak entrepreneur Indonesia yang sukses, ada juga batasan-batasan dari dalam diri sendiri.

Mengambil pelajaran dari kutipan di atas, setiap orang yang ingin memulai perjalanan mereka di dunia kewirausahaan perlu menjadi orang bebas, karena kemerdekaan adalah jantung dari entrepreneur. Anda harus menyingkirkan batasan yang menghalangi, dari awal hingga akhir, untuk mewujudkan mimpi Anda dan memperluas zona kenyamanan Anda, sehingga Anda benar-benar bisa melakukan hal yang Anda sukai.

Ketakutan yang Berlebihan
Yang pertama, dan yang merupakan hal paling umum, adalah batas yang berasal dari rasa takut akan kegagalan. Ini akan menyebabkan rasa takut untuk melakukan tindakan tegas yang memiliki risiko yang tinggi. Jika ketakutan itu tidak diurus secara menyeluruh dari sekarang, saya pasti hanya akan mengucapkan selamat tinggal kepada semangat memulai usaha Anda. Tujuan memperluas zona kenyamanan kita untuk dunia wirausaha akan menjadi utopia belaka.

Ketakutan yang berlebihan juga terkait dengan harapan yang dirasakan dari masyarakat / lingkungan untuk lulusan perguruan tinggi untuk dianggap sebagai alumnus sukses jika memiliki karir yang stabil, bekerja di Perusahaan Multi Nasional besar, dll, meskipun mungkin tidak 100 % benar.

Harapan Yang berlebihan
Memiliki harapan adalah hal yang mendasar ketika kita dituntut untuk mencapai sesuatu yang jauh melampaui zona kenyamanan Anda saat ini. Harapan sangat dibutuhkan karena tanpa harapan tidak akan ada passion yang mendorong Anda lebih jauh untuk mencapai end-in-mind. Namun, harapan bukanlah segalanya, terutama ketika harapan terlau berlebihan atau terlalu tinggi.

Harapan yang berlebihan dapat memberikan dampak negatif terhadap kekecewaan yang bisa membuat seluruh impian kewirausahaan Anda lenyap sebelum waktunya. cara menjadi pengusaha sukses

Pelajaran utama dari hal ini adalah dengan menghapus harapan berlebihan dari pikiran Anda. Anda bisa membuat setiap langkah menjadi lebih ringan dan penuh kesenangan dan kebahagiaan.

Pertimbangan teoritis Yang berlebihan
Batas terakhir adalah salah satu yang paling menarik, terutama bagi mereka yang mendapatkan gelar mereka di bidang teknik. Keindahan memiliki latar belakang teknik adalah bahwa Anda sudah dilengkapi dengan keterampilan analitis yang kuat dan cara yang logis dalam berpikir.

Di sisi lain, pada keindahan ini, sebenarnya juga bisa menjadi pisau bermata dua karena memiliki pikiran logis yang terlalu kuat membuat kebanyakan engineer menjadi seorang yang ““Mr. Know-it-all-narrow-minded person” dengan banyaknya asumsi teoritis dan risiko yang diperhitungkan menjadi berlebihan.

Pada akhirnya, keindahan akan memudar dan semua yang kita lihat adalah hal rusak karena pengetahuan kita yang terbatas untuk melakukan kemajuan dan membuat perubahan signifikan dalam hidup kita. Sementara orang lain yang beruntung memiliki pikiran terbuka menyadari apa yang benar-benar penting untuk membuat kemajuan dalam hidup mereka.

Dengan cara berpikir yang sempit, Anda tentu menyadari bahwa Anda tidak akan mampu membuat kemajuan apapun karena semua langkah selanjutnya akan terhambat oleh kekhawatiran Anda yang berlebihan. Oleh karena itu, pendekatan “just-do-it” mungkin satu-satunya cara untuk membuat Anda benar-benar maju untuk melakukan mimpi Anda… AND IT WORKED  :D

 

“He who can not change the very fabric of his thought will never be able to change reality, and will never, therefore, make any progress.”
– Anwar El-Sadat