Startup Indonesia | Bisnis Online | Cara membuat toko online | Peluang Dan Ide Bisnis Online

RSS
new

Kegagalan Awal Para Pengusaha Terkenal (Dan Apa yang Mereka Pelajari)

Posted by & filed under Featured, Motivation & Inspiration.

Every failure contains the seeds of your next success – Paul Allen

kata kata mutiara motivasi

Ketika kita berpikir tentang legenda sejati dunia bisnis, sangat mudah untuk menempatkan mereka sebagai role model. Tentunya, kita sering berpikir, orang-orang yang menghasilkan kekayaan multi-billion dollar adalah jenis makhluk langka. Dan jarang gagal pada sesuatu. Namun ketika Anda melihat kembali pada sejarah kehidupan nyata para pengusaha ini, ada banyak kegagalan yang mereka hadapi sebelum sukses.

 

kata kata mutiara bill gates

Bill Gates & Paul Allen, Founder Microsoft

Bill Gates selamanya akan diingat sebagai founder Microsoft, tapi ini sebenarnya bukan bisnis pertamanya. Sebelum mendirikan raksasa perangkat lunak di belakang Windows, Gates memimpin sebuah perusahaan yang disebut Traf-O-Data. Tujuannya? membuat laporan yang terkomputerisasi dari data mentah dari traffic jalan di Amerika. Mereka kemudian berencana untuk menjual data komputerisasi ini kepada pemerintah negara bagian dan lokal, namun gagal karena produk tersebut tidak dapat diterima.

Menurut Paul Allen, mereka tidak memiliki customer, Traf-O-Data adalah ide bagus tanpa sebuah bisnis model. Mereka tidak melakukan riset pasar dan tidak tahu bahwa ternyata sangat sulit untuk mendapatkan komitmen pendanaan. Antara tahun 1974 dan 1980, Traf-O-Data membukukan krugian  $3,494 kemudian mereka menutupnya.

Traf-O-Data remains my favorite mistake because it confirmed to me that every failure contains the seeds of your next success – Paul Allen  (Newsweek)

Kegagalan di Traf-O-Data justru memberikan mereka informasi bahwa komputer kecil bisa menjalankan program yang sama dengan komputer besar dengan beberapa perubahan, tetapi dengan biaya yang jauh lebih kecil. Hal ini menjadi langkah penting menuju personal computer yang bisa digunakan semua orang dan mengilhami kelahiran microsoft.

Jika ada sesuatu yang bisa dipelajari dari Traf-O-Data, itu adalah gagasan pertama seorang Entrepreneurs jarang merupakan ide yang terbaik. Untungnya bagi mereka, mereka tidak berkecil hati dengan penutupan Traf-O-Data dan membuat salah satu perusahaan paling sukses dalam sejarah bisnis, Microsoft.

kata kata mutiara motivasi

kata kata mutiara akio-morita

Akio Morita & Masaru Ibuka, founder Sony 

Hari ini, Anda tentu tahu Sony sebagai perusahaan elektronik kelas dunia. Tetapi Sony, di awal pendiriannya adalah perusahaan berteknologi rendah dibandingkan yang lain, seperti yang ditunjukkan oleh pendirinya Akio Morita dalam menjual rice cooker. Masalahnya, seperti disebutkan oleh SonyInsider.com, penanak nasi buatan sony lebih banyak membakar beras daripada memasaknya. SonyInsider juga Menyebut rice cooker ini sebagai “produk primitif”.  Proyek ini  menjadi  “primitive product” untuk Morita dan Masaru Ibuka. Pada akhirnya, kurang dari 100 unit terjual kepada publik.

kata kata mutiara

Morita dan Ibuka memiliki wisdom yang kuat untuk tetap berjuang keras, setelah proyek rice cooker itu gagal. Seandainya mereka adalah orang keras kepala dan lemah yang terus menerus yakin dengan ide produk pertamanya atau memutuskan berhenti, mereka mungkin tidak akan pernah membangun kerajaan elektronik bernama Sony.

Entrepreneurs hari ini harus bisa mengingat pelajaran ini. Jangan pernah takut untuk mendapat kerugian di awal, karena Anda dapat bergerak dari ide pertama yang buruk ke situasi yang lebih baik.

kata kata mutiara motivasi

kata kata mutiara

Harland Sanders David, founder KFC

Harland Sanders David (lebih dikenal sebagai “Kolonel Sanders”) mengalami banyak kegagalan terberat di awal . Meskipun kita tahu sekarang ini dialah penemu resep ayam populer, tetapi tidak ada yang tahu pada awalnya penemuannya. Bahkan, Sanders mengalami penolakan lebih dari 1.000 kali sebelum akhirnya menemukan restoran yang bersedia bekerja dengannya. Kolonel Sanders membawa campuran rempah-rempah rahasia di dalam mobilnya untuk mencari mitra bisnis.

Kegagalan awal Kolonel Sanders adalah bukti kekuatan tekad. Ini akan menjadi terlalu mudah jika ia menyerah setelah ditolak seratus kali. Tapi Sanders tahu resep-nya memiliki nilai dan maju terus sampai ia menemukan seseorang yang setuju dengan ideanya. Mungkin tidak mengherankan founder Y Combinator, Paul Graham percaya determinasi adalah sesuatu yang paling penting untuk dimiliki seorang Entrepreneurs .

In most domains, talent is overrated compared to determination. I can’t think of any field in which determination is overrated. The simplest form of determination is sheer willfulness. When you want something, you must have it, no matter what. – Paul Graham

 kata kata mutiara motivasi

kata kata mutiara

Henry Ford & Detroit Automobile Co

Perusahaan pertama Ford – Detroit Automobile Company – bangkrut pada tahun 1901 di tengah keluhan pelanggan kareana harga tinggi dan kualitas rendah, menurut Newsweek. Henry Ford Company (didirikan satu tahun kemudian) telah ditinggalkan karena konflik dengan partnernya, sementara perusahaan ketiga hampir runtuh karena angka penjualan yang rendah membuatnya tidak mungkin mengembalikan pendanaan dari investor. Pada akhirnya, angel investor menyelamatkan bisnisnya yang bermasalah dan membuat perusahaan baru dengan nama Ford Motor Co. yang pada tahun 2009 menghasilkan net income sebesar $2.7 billion.

Dalam kegagalan diatas, apa yang Henry Ford pelajari adalah “dengarkanlah market Anda!”.  Ford Motor Company terfokus untuk memproduksi kendaraan secara massal yang pelanggan inginkan dan mampu untuk membeli. Tentunya, kita semua tahu tentang Ford Motor sementara hampir tidak ada orang yang ingat Detroit Automobile Co.

kata kata mutiara motivasi

kata kata mutiara

R.H. Macy, founder jaringan dept store Macy 

RH Macy tidak mengalami sukses instan di bisnis ritel. Bahkan, empat lokasi toko pertama yang ia buka adalah kegagalan besar (termasuk toko Macy pertama di Massachusetts.) Antara 1843-1855, semua tokonya mati karena permintaan konsumen yang sedikit dan total penjualan yang loyo.

Tentunya ada pelajaran yang bisa diambil di hampir setiap kegagalan usaha yang ada, tentunya ini juga tidak berbeda untuk R.H. Macy. Pada akhirnya ia pun membuka jalan untuk sukses dengan membuka toko di lokasi utama (New York City) bukan di daerah dengan permintaan yang sedikit.

Macy mengalami kegagalan di awal dan akhirnya sadar dan menyerap semua pelajaran yang dia bisa ambil untuk menghindari kesalahan yang sama di kemudian hari.

 kata kata mutiara motivasi

kata kata mutiara

JK Rowling, “founder” Harry Potter

Ketika J.K Rowling menulis paragraf pertama dari novel Harry Potter, dia dalam keadaan hampir bangkrut, seorang single mother yang berjuang dari depresi. Ketika ia menyelesaikan script pertamanya, ia ditolak oleh 12 publisher sebelum publishing house kecil di London menerimanya. Saat ini menurut Biography.com, ia lebih kaya dari Queen Elizabeth II.

I was set free because my greatest fear had been realized, and I still had a daughter who I adored, and I had an old typewriter and a big idea. And so rock bottom became a solid foundation on which I rebuilt my life. It is impossible to live without failing at something – JK Rowling

kata kata mutiara motivasi

kata kata mutiara

Evan Williams, Blogger

Ketika Evan Williams dan partnernya, Meg Hourihan, membangun Pyra Labs di tahun 1999, salah satu produknya adalah Blogger yang dilaunch pada 2001, awalnya Blogger sepenuhnya free dan tidak men-charge biaya dari user dan tidak memiliki revenue model, ketika dana seed perusahaan mengering, karyawannya terus bekerja tanpa bayaran selama beberapa minggu dan dalam beberapa kasus, sampai beberapa bulan, sampai kemudian Williams menghadapi “walk out” dari karyawannya, termasuk co foundernya, Meg Hourihan.

Williams menjalankan perusahaannya seorang diri dari rumahnya sampai berhasil mendapatkan pendanaan Trelix dan kemudian diakuisisi oleh Google pada tahun 2003.

 “When you’re obsessing about one thing, you can reach insights about how to solve hard problems. If you have too many things to think about, you’ll get to the superficial solution, not the brilliant one.” – Evan Williams