@Khailee Membagikan Tips Presentasi untuk Memberikan Kesan Mendalam di Mata Investor | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

@Khailee Membagikan Tips Presentasi untuk Memberikan Kesan Mendalam di Mata Investor

Posted by & filed under Featured, Pitching.

Editor’s Note : Khailee adalah salah satu partner di 500 startups. Fokus utamanya adalah pada ekspansi global, pengelolaan dana di Asia Tenggara hingga menjembatani antara pasar di negara-negara berkembang dan Silicon Valley. Pada acara Startup Asia, 26-27 November 2014 lalu di Plaza Bapindo, Jakarta, Khailee berkesempatan untuk berbagi ilmunya mengenai cara pitching atau presentasi yang baik, untuk menarik hati para investor.

1800340_814672125237869_3165925147253182889_n

Pernahkah kamu berada di suatu konferensi atau pertemuan, dimana para founder sedang berdiri di panggung, dan mereka menggagalkannya hanya dalam waktu 3-5 menit? Maka, aku berdiri di sini hari ini, ingin membeberkan cara pitching yang menarik. Aku tak ingin menyebutnya sebagai tips-tips belaka, melainkan cara-cara cepat nan tepat agar mampu menampilkan pitching terbaik kamu. Namun, sebelum aku memulainya, aku ingin kamu semua mengenal siapa aku.

“Baiklah, nama saya Khailee. Mungkin kamu bisa menemukan nama itu di banyak link di internet, dan merasa ‘wah’. Tapi, aku tak ingin kamu melihatku dengan proyeksi yang seperti itu. Saya tak ingin dilihat sebagai pelaku industri atau lainnya, saya hanyalah orang yang suka bekerja pada hal-hal nyata, saya suka menggambar, saya suka suatu hal yang luar biasa. Saya tumbuh di Malaysia, menghabiskan waktu 20 tahun di Malaysia untuk belajar dan akhirnya menyadari apa yang ingin kulakukan.”

Saya membangun situs pertama kali saat umurku 15 tahun. Dan, setelahnya aku semakin ingin membuat banyak hal bersama orang-orang, kelompok, dan banyak lainnya, karena aku menganggap itu hal yang menyenangkan. Terlebih ketika membuat suatu perusahaan, menurutku itu menarik karena lewat perusahaan, kamu bisa berbaur dan berteman dengan orang banyak, mendapatkan keuntungan bersama, dan banyak hal besar lainnya. Itulah mengapa aku membangun perusahaan Says.com dan GroupMore (yang sekarang dimiliki oleh Groupon). Dari proses dan pengalamanku membangun perusahaan, serta menangani 500 startup yang ada, aku selalu menekankan pada cara pitching mereka. Bagaimana membuat pitching yang berlangsung 3-5 menit bisa membuat para investor yang hadir, terpaku dan terpukau karenanya. Lima cara tersebut adalah kelima reaksi yang harus kamu dapatkan dari investor yang mendengar pitchingmu, seperti;

tips presentasi investor

I want to know more

Jadi, ketika pitching, keluarkan dan berikan daya tarikmu. Buat mereka yang mendengar dan menyaksikan pitching bisa serius. Contohnya saja dengan pemberitaan di headline koran-koran atau film-film, judul artikel seperti: ‘Saya Tak Percaya Ada Nenek Tua yang Bisa Melakukan Hal Seperti Ini, dan Ini Mengejutkan Saya!’ Kamu tak tahu artikel tentang apa itu, tapi bukankah itu membuatmu tertarik untuk membacanya? Itulah poin yang saya maksud. Buat suatu daya tarik yang membuat investor ingin tahu lebih tentang apa yang tengah kamu presentasikan. Temukan hal yang paling kuat dan unik dari produkmu dan eksplorasikan. Ciptakan suatu hal yang impresif atau berkesan.

1 khailee

Thats a great idea

Poin kedua adalah menciptakan efek: Waw, ini adalah ide yang dahsyat. Kalau ingin seperti itu, setelah kamu kenalkan siapa dirimu, namamu siapa dan lainnya, jelaskan mengenai apa masalah yang dihadapi konsumen dan bagaimana ide kamu memberikan solusi untuk itu. Contohnya seperti, konsumen ingin mengetahui bagaimana ia bisa tahu keberadaan atau lokais orang lain, kamu pun menawarkan teknologi yang bisa menjawab itu.

2 khailee 3

This is going to be huge one

Setelah tahu ada banyak masalah, kita harus menyadari seberapa besar market size yang ada. Pakai beberapa kalkulasi mengenai jumlah konsumen yang bisa kamu dapatkan, butuh berapa lama untuk mendapatkannya dan sebesar apa usahamu untuk itu.

3 khailee

These are the people to do it

Kenali potensi dirimu dan hal-hal kunci yang menjadi kualitas tim kamu. Tampilkan dan katakan juga keunggulan inti yang dimiliki perusahaan dan tim kamu yang terbaik, serta sebutkan beberapa anggota perusahaanmu yang punya kualifikasi/prestasi baik yang pernah diperoleh.

3 khailee 4

I want to be a part of this

Ini yang paling penting. Katakan apa yang benar-benar kamu tawarkan dan bagaimana itu bisa mnejadi hal yang diinginkan investor. Lalu, sebutkan juga kata-kata kunci yang menjadi perhatianmu dari semuanya.

 

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games. APKBOX.ME | APKINSIDER.INFO | APKID.INFO | APKMAIN.INFO.