Sukses Membangun Usaha Kafe | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

Sukses Membangun Usaha Kafe Sekarang Juga

Posted by & filed under Memulai bisnis, Product Management, Startup, Startup Indonesia.

Sukses Membangun usaha kafe sekarang juga

Sukses membangun usaha kafe sangat bisa Anda lakukan sekarang juga karena dengan modal yang minim telah banyak contoh suksesnya bisa mengembangkan kafe nya menjadi kafe yang besar dan layak diperhitungkan dan Anda pun bisa tiru cara mereka sekarang juga

Apalagi kita tahu bahwa setiap orang membutuhkan makan, minum, dan juga membangun hubungan dengan orang lain.  Dengan anda membuka kafe, Anda sudah membantu orang lain untuk mendapatkan kebutuhan- kebutuhan tersebut.

Dan juga dengan Anda membangun bisnis kafe yang menjual kopi, teh, dan juga susu hasil alam Indonesia, sebenarnya Anda telah membantu peternak dan petani lokal dengan membeli hasil alam dari mereka, terlebih lagi sebetulnya Anda tengah mengedukasi masyarakat luas citra rasa nikmatnya kopi, teh, dan susu Indonesia.

Pertumbuhan Kafe

Pertumbuhan usaha kafe pun sangat dinamis sekali, yang mengindikasi bahwa usaha kafe sangat diterima dan dibutihkan masyarakat. Saat ini lebih dari 10.000 cafe di Indonesia yang diprediksi masih akan terus tumbuh. Pada 2013-2018, total pendapatan sektor cafe diperkirakan meningkat dari USD 3,4 miliar menjadi USD 4,16 miliar (merdeka.com)

Apalagi, Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi dan teh terbaik dunia. Berdasarkan data Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI), konsumsi kopi masyarakat Indonesia meningkat 36 persen sejak tahun 2010 hingga 2014 silam (Infobanknews.com)

Dan secara statistik nasional konsumsi kopi dalam negeri menunjukkan tren pertumbuhan, yakni sekira 5%-6% per tahun menjadi 30.000-35.000 ton/tahun (semarang.bisnis.com) bayangkan jika dari 30.000 ton/ tahun Anda mampu menjual 0,01% nya yaitu 30 ton dalam bentuk kopi porsi dalam gelas. Tentu Anda ada ribuan bahkan puluhan ribu porsi yang Anda mampu jual dan coba Anda bayangkan berapa keuntungannya untuk Anda?

 

 

Sukses-membangun-kafe

Sumber foto : Jogja.tribunews

Kisah Sukses Kafe

 

Sukses-membangun-kafe

Sumber foto : wowkeren.com

Ario Bayu

Ario Bayu membuka coffe shop bernama Cultiva Coffee House di Bandung sejak 2015. Pangsa pasar di coffee shop tersebut, Karena lokasi usaha di Bandung, pangsa pasarnya diperuntukkan untuk mahasiswa, sehingga harga yang ditawarkan pun tidak terlalu mahal

 

 

 

Sukses-membangun-kafe

Sumber foto: Okezone.com

Raisa

Wanita kelahiran 6 Juni 1990 yang Menyanyikan lagu Serba Salah yang mana membuat namanya dikenal oleh pecinta musik indonesia. Sebelumnya, Raisa adalah Vokalis band yang dibentuk Kevin Aprilio bernama Andante.

Raisa memiliki kedai kopi diberi nama Titik Temu di Kawasan Seminyak, Bali. Raisa optimis Titik Temu akan ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun asing. Sebab Bali memang tidak asing lagi untuk waisatawan asing dan lokal untuk menjadi tempat wisata, selain itu Raisa menggunakan kopi Indonesia, sehingga tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan

 

 

sukses-membangun-usaha-kafe-starupbisnis

sumber foto: twitter.com

Rama Michael

Rama Michael mulai dikenal oleh masyarakat luas dengan bermain dalam sinetron Intan yang digemari oleh masyarakat luas. Rama sering bermain sebagai peran pendukung dalam beberapa judul sinetron. Rama Michael mengawali kariernya tidak langsung terjun dalam dunia sinetron melainkan rommy sapaan akrabnya, mengawali nya dengan menjadi bintang iklan terlebih dahulu.

Rama Michael sangat tertarik untuk mencoba bisnis coffee shop. Pria yang sering muncul di layar kaca ini, membuka usaha coffee shopnya bernama Ideo Kopi. Ideo Kopi ini Rama Michael buka di Bogor Selatan

 

 

Sukses-membangun-kafe

sumber foto: Alchetro.com

Rio Dewanto

Rio Dewanto (lahir di Indonesia, 28 Agustus 1987; umur 30 tahun) adalah pemeran dan penyanyi berkebangsaan Indonesia. Namanya dikenal luas melalui peran-perannya dalam film televisi di antaranya adalah Pulang Malu Ngga Pulang Rindu, Rocker Pulang Kampung, Cinta Datang saat Kamu Tidur. Sudah hampir lebih dari 30 judul FTV sudah dimainkannya. Awal kariernya di film layar lebar saat ditunjuk sebagai figuran di film Ratu Kosmopolitan dan Pintu Terlarang (wikipedia.com)

Rio Dewanto mendirikan sebuah Coffee shop yang diberi nama All Coffee & Waffles yang berlokasi di Kemanggisan Raya, Kebun Jeruk, Jakarta Selatan. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp25.000- Rp100.000

 

 

 

sukses-membangun-usaha-kafe-starupbisnis

Sumber foto: devianart.net

Dara The Virgin

Dara Rizki Ruhiana (lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat, 9 Agustus 1991; umur 26 tahun) atau yang lebih populer sebagai Dara atau Dara The Virgin adalah seorang penyanyi dan aktris Indonesia. Ia  merupakan vokalis grup duo The Virgin, yang juga beranggotakan Mita. Dara memiliki fans club resmi yang akrab disapa Dara Loverz dan sering disingkat DLZ.

Dara merupakan anak sulung dari 3 bersaudara, putri dari pasangan Asep Ruhiat dan Nunung Mardiana. Dara mengawali kariernya sebagai seorang penyanyi saat menginjak sekolah menengah atas (SMA) Al-Muttaqin di Tasikmalaya. Saat itu Dara yang merupakan panitia pensi disekolahnya mengundang beberapa band indie ternama di kota Tasikmalaya, seperti Chronic, Coke-Pit, Harmony Pop. Berawal dari berduet dengan Chronic band dalam acara pensi tersebut sebagai seorang backing vocal, akhirnya Dara tergabung bersama Chronic sebagai seorang backing vocal. (Wikipedia.com)

Dara The Virgin ini selain sibuk menjadi penyanyi juga menyempatkan diri untuk mengembangkan bisnis kedai kopi bernama Ya Playboy’s Coffee House Jakara di daerah Kemang Raya, Jakarta Selatan

 

Langkah-Langkah Sukses Bangun Tim Bisnis untuk Kafe

Anda sangat perlu membangun tim untuk kesuksesan bisnis Anda, seperti perusahaan besar lainnya, Tim yang perlu Anda kembangkan adalah tim yang harus benar-benar solid dan siap mengahadapi tantangan karena perusahaan mana pun perlu membangun tim yang kokoh

Cara Anda bangun tim, anda harus tentukan dulu Anda membutuhkan tim untuk job desk apa saja.

Nah biasanya sebuah bisnis kafe yang baru startup membutuhkan:

 

sukses-membangun-usaha-kafe-starupbisnis-

Bagian Keuangan

Bagian Keuangan tentu sangat dibutuhkan perusahaan manapun karena bagian keuangan adalah bagian yang sangat penting untuk perkembangan bisnis Anda, Coba Anda bayangkan ketika Anda tidak memiliki tim keuangan dalam bisnis Anda. Anda akan kesusahan mengatur perencanaan dan pengembangan bisnis Anda. Ibarat Anda ingin menurunkan berat badan tentu Anda harus tau berapa berat badan Anda sekarang, lalu berapa kilogram yang anda ingin turunkan? Dan jangka waktu berapa bulan yang anda inginkan? Lalu langkah apa yang Anda lakukan untuk mengejar goal Anda tersebut dengan waktu yang Anda telah tentukan tersebut? Tentu dengan Anda mengetahui posisi awal, dan tujuan Anda, Anda akan termudahkan untuk mencapai goal Anda.

Sama seperti bisnis Anda, Anda harus memegang kendali atas bisnis Anda termasuk urusan keuangan. Karenanya Anda membutuhkan tim bagian keuangan. Adapun tim keuangan yang Anda butuhkan minimal memiliki kritera seperti berkut:

  • Minimal lulusan D3 Keuangan
  • Siap bekerja di bawah tekanan
  • Memiliki pengalaman kerja serupa
  • Berintegritas
  • Siap bekerja dan menaati peraturan perusahaan
  • Teliti, tegas, dan bijaksana
  • Siap memberi nasihat keuangan.
  • Bisa membuat laporan keuangan dan rencana keuangan

 

sukses-membangun-usaha-kafe-starupbisnis

sukses-membangun-usaha-kafe-starupbisnis

Bagian Produksi

Tentu bisnis Anda membutuhkan bagian produksi yang paham betul mengenai minuman dan makanan yang Anda jual. Karena jika tidak  memiliki tim bagian produksi, kemungkinan besar bisnis Anda sangat sulit tumbuh. Konsumen membutuhkan solusi atas permasalahannya. Dalam hal Kafe permasalahan mereka adalah makanan, minuman, dan tempat yang nyaman. Jika Anda dan tim memahami makanan, miuman, dan tempat seperti apa yang Konsumen Anda butuhkan, Anda menjadi lebih bisa cepat berkembang dibanding kompetitor Anda yang tidak memahami dan melengkapi kebutuhan konsumen.

Karenanya Anda membutuhkan tim produksi dengan minimal memiliki kriteria sebagai berikut:

  • Minimal lulusan SMK Perhotelan/Pariwisata atau D3 Perhotelan
  • Pernah bekerja di bidang serupa (punya pengalaman)
  • Siap bekerja di bawah tekanan
  • Siap melaksanakan tugas dengan baik
  • Siap melakukan riset kebutuhan konsumen
  • Siap menjalin kerja sama dan membangun hubungan baik dengan pihak supplier
  • Memiliki integritas dan tanggung jawab

 

Bagian Marketing

Anda memerlukan Bagian Marketing untuk membantu pasarkan kafe Anda dengan baik, adapun tugas marketing adalah untuk menyusun strategi marketing dan mengimplementasikannya dengan baik. Anda harus mempersiapkan tim marketing sebaik mungkin karena mereka adalah “lokomotif” kafe Anda. Jika bagian marketing tidak ada dalam sebuah perusaahan tentu ini memberatkan Anda karena mencari konsumen tertarget bukanlah hal yang mudah jika dilakukan seorang diri. Selain itu tim marketing juga bertugas menyusun design promosi Anda.

Agar Anda mendapat tim marketing terbaik, minimal Anda membutuhkan tim marketing sebagai berikut:

  • Berintegritas atau bertanggung jawab
  • Siap membuat laporan marketing
  • Memiliki ide cemerlang dalam berbisnis
  • Memiliki pengalaman serupa
  • Diutamakan orang yang kreatif
  • Menyukai tantangan
  • Memiliki enterpreurship yang tinggi

 

 

 

 

 

 

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games. APKBOX.ME | APKINSIDER.INFO | APKID.INFO | APKMAIN.INFO.