Laporan Event UKM 2015 : Bagaimana Sistem Pembayaran Ecommerce Indonesia Masa Depan? | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

Laporan Event UKM 2015 : Bagaimana Sistem Pembayaran Ecommerce Indonesia Masa Depan?

Posted by & filed under Ecommerce, Ecommerce Indonesia.

buat toko online ecommerce indonesia

Sabtu, 30 Mei 2015 idEA mengadakan seminar bertema “UKM Indonesia – Scale UP!”. Dalam seminar ini menghadirkan narasumber yang sudah memiliki pengalaman di bidang bisnis e-commerce. Salah satu narasumber yang menarik perhatian adalah Setyo Harsoyo yang merupakan CEO PT Sprint Asia Tech. Seminar yang berlangsung di Assembly Hall, Plaza Bapindo, Jakarta ini dihadiri oleh peserta dari berbagai latar belakang yang tentunya ingin mendapat akses dan pengetahuan mengenai bisnis online.

Dalam seminar kali ini, Setyo Harsoyo membahas salah satu judul bertajuk “Evolusi Teknologi Pembayaran Masa Depan.” Sebagai awal perbincangan, beliau memberi gambaran mengenai evolusi sistem pembayaran di Indonesia. Beliau membaginya menjadi lima kategori besar yaitu, money ditandai dengan penerbitan uang RI pertama pada 1950, paper based, card based, electronic based, future payment dan digital money. Saat ini masyarakat Indonesia sedang berada pada tahap penyesuaian digital money. Tahap ini ditandai dengan terpisahnya saldo dari rekening, seperti t-cash.

Dalam paparannya, ke depan masyarakat Indonesia bisa menikmati sistem pembayaran berupa NFC, QR Code, dan RFID. Secara garis besar, ketiganya mengusung transaksi pembayaran yang cepat. Hal ini tentu disesuaikan dengan bisnis yang dijalani sehingga dapat mempermudah pelayanan sistem pembayarannya.

NFC atau Near Field Communication merupakan fitur yang menggunakan ponsel sebagai medianya. NFC selama ini dikenal sebagai perangkat transfer data, namun sebenarnya bisa pula sebagai alat pembayaran. Cara kerjanya cukup mudah, hanya dengan melakukan sentuhan pada ponsel yang memiliki sistem NFC.  Berkenaan dengan sistem pembayaran, NFC bisa digunakan untuk pada kartu kredit yang terintegrasi ke perangkat mobile dan tiket elektronik untuk penggunaan transportasi.

Berbeda dengan QR Code yang mengandalkan sistem barcode dalam melakukan transaksi pembayaran. QR Code ini  menggunakan barcode yang berada pada ponsel untuk dilakukan scanning dan kemudian muncul tampilan rincian pembayaran dan apabila sesuai dengan nominal, klik confirm. Setelah itu, bisa memasukkan PIN dan Enter sebagai tanda setuju untuk membayar. Transaksi menggunakan QR Code dianggap sangat mudah, aman, dan cepat. Disamping itu, pembayarannya juga hanya dari ponsel sehingga tidak perlu membawa dompet kemana-mana dan memiliki kenyamanan bertransaksi.

Lain halnya dengan sistem pembayaran RFID atau Radio Frequency Identification. Sistem ini mengandalkan alat yang terintegrasi secara wireless, sehingga transaksi bisa dilakukan secara otomatis. Chip RFID ini mengandung kumpulan frekuenasi radio elektromagnetik yang menggunakan medan magnet untuk memancarkan sejumlah kode identifikasi ketika ditanyakan oleh perangkat pembaca. Chip ini bisa diletakkan diberbagai pernagkat, seperti mobil dan ponsel. Keunggulan yang dimiliki oleh RFID adalah bisa membaca ratusan label pada satu waktu. Salah satu contoh penerapan yang sudah digunakan sebagai sistem pembayaran adalah ERP atau Enterprise Resource Planning. Sistem ini sudah berlaku umum di Singapura dan baru menjadi rencana di Indonesia.

Setyo Harsoyo turut berpendapat bahwa ada empat syarat utama dalam sistem pembayaran yaitu, mudah diregitrasi, mudah diisi ulang, mudah digunakan, dan yang terpenting adalah aman. Apabila ada yang menawarkan sistem pembayaran baru namun belum mencakup keempat syarat tersebut, dianggap kurang layak. Perlu dikembangkan dan diperbaiki hingga akhirnya memiliki keempat syarat utama tersebut. (Diana Nathalia)

 

Baca Juga

Laporan Event UKM 2015 : Memahami Perubahan Dunia Logistik di Era Internet

Laporan Event UKM 2015 : Mudahnya Pembayaran Online dengan Payment Gateway

Laporan Event UKM Scaleup 2015 : Bagaimana Memaksimalkan Twitter untuk E-Commerce

 

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games