Laporan Event UKM 2015 : Gaet Early Adopter dengan Iklan Baris Daring (Online Classified) | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

Laporan Event UKM 2015 : Gaet Early Adopter dengan Iklan Baris Online (Online Classified)

Posted by & filed under Ecommerce Indonesia.

buat toko online OLX 1

 

“Apakah Ibu menggunakan internet?” tanya Alif Priyono, Chief Marketing Officer (CMO) OLX.co.id mengilustrasikan percakapannya dengan seorang ibu-ibu. Sang ibu menjawab, “Tidak.” Namun, saat Alif menanyakan apakah ia menggunakan facebook, dengan antusias sang ibu mengiyakan!

Tipe pengguna internet seperti sang ibu tadi digolongkan sebagai early adopter. Lalu, apa hubungannya dengan Usaha Kecil Menengah (UKM) dan iklan baris daring (online classified)?

Online classified sendiri hanyalah versi online dari iklan baris. Maksudnya, OLX selaku penyedia jasa pasang iklan baris online tidak terlibat dalam proses transaksi.

Kegiatan-kegiatan user seputar iklan baris online sendiri antara lain yaitu beriklan. “Proses bisnis ini sangat simple. Jadi hanya pasang iklan, kemudian kalau ada yang tertarik, langsung contact,” ucapnya.

Selain itu, ada pula pengguna jasa online classified yang mencari atau membeli barang second. “Platform seperti ini bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan awareness dari early adopter,” ujar lulusan S2 Universitas Padjajaran itu seraya mendefinisikan early adopter sebagai orang-orang yang ‘baru masuk ke internet’. Aktivitas lain user OLX yaitu benchmarking atau membandingkan harga pasaran.

buat toko online OLX 2

Komposisi iklan di OLX sendiri –tanpa menghitung properti– didominasi elektronik dan gadget. Selanjutnya berturut-turut adalah keperluan pribadi, disusul mobil dan motor.

“Mungkin Bapak Ibu sekalian bisa menjadikan ini sebagai insight. Kalau yang sudah punya bisnis mungkin ingin mengembangkan bisnisnya. Yang belum punya bisnis mungkin ingin membangun bisnis baru,” komentar mantan General Manager PT. Metranet itu mengenai statistik yang dipaparkannya.

“Kalau kita ngomongin masyarakat yang ada di Jakarta, atau kota besar, atau mereka yang sudah well-educated dengan internet, itu gampang untuk adopsinya. Jual apapun laku,” tutur mantan National Sales Program & Project Manager GE Money Indonesia itu berapi-api.

Pasalnya, golongan masyarakat tipe itu telah terbiasa bertransaksi online. Namun, orang-orang yang masih sangat awam akan internet seringkali merasa ragu berbelanja online.

Oleh karena itu, menurutnya, iklan baris online merupakan, “Media yang paling tepat untuk melakukan promosi.” Namun, mantan COO OLX ini menegaskan, target audience online classified adalah early adopter.

Manfaat lain iklan baris online bagi UKM adalah sebagai tempat mencari maupun membeli barang second untuk keperluan usaha, misalnya untuk dijual kembali. Dengan online classified, UKM juga bisa mempelajari customer behavior.

Secara spesifik, lulusan S1 Universitas Brawijaya ini kembali menguraikan, pemilik bisnis atau UKM dapat memanfaatkan iklan baris daring untuk promosi dan memperkenalkan diri pada early adopter. Sementara, orang-orang yang berniat merintis bisnis, dapat menggunakan iklan baris online untuk memperkenalkan diri. Setelah advance –ada payment service, transfer bank, dan lainnya– mantan Senior Manager, Business Process Improvement, di Bank Danamon itu menyarankan pindah ke model bisnis lain seperti marketplace.

“Tetapi untuk mempelajari behavior customer yang melakukan jual beli online, iklan baris online adalah media yang tepat untuk mengawali proses itu,” tutupnya dalam event UKM Indonesia Scale Up yang diselenggarakan idEA.

 

Baca juga :

Cara menaikkan dan menambah follower di media sosial

Cara membuat toko online

 

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games