Laporan Event UKM 2015 : Mudahnya Pembayaran Online dengan Payment Gateway | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

Laporan Event UKM 2015 : Mudahnya Pembayaran Online dengan Payment Gateway

Posted by & filed under Cara Membuat Toko Online, Ecommerce.

 

ecommerce indonesia - buat toko online

“Pembayaran online itu mudah?” ucap Imam Akbar, Head of Division My Short Cart –produk yang dikeluarkan Doku, perusahaan payment gateway di Indonesia, bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) dan start up–, mengawali uraiannya bahwa pembayaran online masih menjadi momok bagi banyak UKM Indonesia.

 

Pembayaran Online Sendiri Ada di Posisi Apa?

“Pertama, kita ada online shopper, yang masuk ke online storeOnline store bisa berbentuk website, bisa berbentuk marketplace, bisa juga social media seller. Selanjutnya masuk ke shopping cart dan masuk ke payment page. Nah, payment page dan payment processing ini bisa di-handle oleh payment gateway. Di sinilah pembayaran online itu terjadi.

“Nah, payment processing ini, kita berhubungan langsung dengan bank. Lalu ada order dan delivery, dan masuk ke logistik. Jadi ini sebenarnya ada di proses terakhir, sebelum pengiriman, dari cycle proses e-commerce itu sendiri.”

Selanjutnya, sebelum membahas kemudahan pembayaran daring (online), Imam menguraikan jenis-jenis pembayaran daring di Indonesia. “Ternyata di Indonesia itu ada banyak sekali pilihan payment,” tuturnya. Mulai dari e-wallet, kartu kredit, transfer ATM, e-commerce banking, hingga in store payment.

Survei Doku My Short Cart sendiri menunjukkan pembayaran transaksi Usaha Kecil Menengah (UKM) yang benar-benar online hanya sekitar 5 persen. Sementara, 94,74 persen membayar via transfer bank dan 31,58 persen via cash on delivery (COD). Ironisnya, saat ditanya apakah merasa ada kendala dengan sistem pembayaran seperti itu, 81,58 persen mengaku tidak merasa bermasalah dengan transfer manual dan COD.

Imam kemudian menyebutkan persepsi-persepsi masyarakat akan pembayaran online antara lain yaitu prosesnya lama sehingga dianggap lebih cocok untuk perusahaan besar atau corporate, bukan untuk UKM. Padahal, “Banyak payment gateway yang sudah punya sistem aggregator yang dibuat untuk UKM.”

Faktor-faktor lain yang membuat UKM enggan memanfaatkan pembayaran online yaitu anggapan bahwa itu mahal, takut akan pencurian kartu kredit, penipuan, serta ribet.

“Sebenarnya, menggunakan kartu kredit itu jauh lebih aman. Bayangkan saja. Sebenarnya transaksi kartu kredit, uang yang digunakan bukan uang kita, melainkan uang bank. Jadi, kalau kita tidak merasa bertransaksi, kita tinggal lapor bank. Saya nggak pernah ngelakuin transaksi ini. Block kartu saya. Selesai.”

 

Mengapa menggunakan payment gateway?

“Pertama, memperluas pasar,” jelas Imam yang menyebutkan lebih murah menggunakan kartu kredit daripada transfer.

“Yang kedua, adalah kredibilitas penjual,” tuturnya mengilustrasikan customer akan berpikir, Wah, dia sudah ada payment gateway. Berarti dia sudah diverifikasi oleh salah satu payment gateway yang ada di Indonesia.

Selain itu, payment gateway juga memudahkan rekonsiliasi. Tidak perlu lagi mengecek transfer masuk satu per satu karena payment gateway otomatis memberi notifikasi.

Dampaknya, adalah timbulnya kepuasan pelanggan. “Dengan semua fasilitas yang ada, dengan rekonsiliasi yang cepat, dengan memperluas pasar, otomatis pelanggan jadi puas.”

 

Lalu, bagaimana cara implementasinya?

“Bisa dengan integrasi langsung ke payment gateway,” ucapnya menyebutkan pula banyak payment gateway menyediakan plug-in yang bisa memudahkan integrasi tersebut.

“Sekarang banyak payment gateway juga menggunakan link pembayaran. Jadi mempermudah user-user dan UKM yang jualan di social media.”

 

Baca Juga

Cara membuat ecommerce / toko online

Laporan Event UKM 2015 : Gaet Early Adopter dengan Iklan Baris Online (Online Classified)

Laporan Event UKM Scaleup 2015 : Bagaimana Memaksimalkan Twitter untuk E-Commerce

 

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games