Laporan Event UKM Indonesia – Scale UP!: Meningkatkan Rasa Percaya dan Aman dalam Berbisnis Online | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

Laporan Event UKM Indonesia – Scale UP!: Meningkatkan Rasa Percaya dan Aman dalam Berbisnis Online (Hendrik Tio, Bhinneka.com)

Posted by & filed under Ecommerce Indonesia.

1-buat toko online

 

 

Sabtu, 30 Mei 2015  idEA  mengadakan seminar bertema “UKM Indonesia – Scale UP!”. Seminar ketujuh yang diadakan idea ini menghadirkan lebih dari 20 narasumber yang sudah ahli dalam bidang bisnis e-commerce. Salah satu narasumber yang ditujukan bagi pemain lanjut di bidang yang sama. Salah satu narasumber yang menarik perhatian para peserta adalah CEO Bhinneka, Hendrik. Bhinneka adalah toko online yang sudah berdiri sejak 1993 ini telah melakukan ekspansi pada tahun 2012.

Lebih dijelaskan lagi, sebelum menjadi market place pada 2015, Bhinneka awalnya merupakan bisnis distribusi berbagai macam elektronik. Seiring berkembangnya waktu, akhirnya Bhinneka terus berkembang dan menjadi salah satu yang memiliki service center dan gudang sendiri. Luas gudangnya sendiri seluas 7.000 m2.

Menurut Hendrik, ada enam syarat bisnis e-commerce bisa terus berkembang dan maju. Hal ini penting karena sebuah bisnis apapun tidak akan bisa langsung maju apabila tidak melewati berbagai tahapnya.

Hal pertama yang dilakukan adalah membangun reputasi. Dalam kaitannya dengan promosi harus pada situs terpercaya. Ini penting karena bisa membuat intuisi masyarakat beranggapan bahwa bisnis Anda terpercaya. Selain itu, logo yang mewakili perusahaan dibuat elegan dan menarik. Logo ini penting karena mewakili karakter bisnis Anda. Selain promosi, publikasi melalui media juga diperlukan. Publikasi media ini bisa melalui liputan media massa, testimonial pelanggan, portofolio pelanggan, dan lamanya berbisnis. Yang penting juga adalah adanya fasilitas free trial. Ini untuk menarik minat pelanggan dan memacu mereka untuk kemudian tertarik percaya dan membeli. Kebijakan transaksi harus jelas, seperti retur dan aturan jual-beli di perusahaan. Terakhir, kecepatan responsif dalam menjawab juga menentukan. Jangan sampai calon pelanggan menunggu jawaban terlalu lama dan sampai tidak berminat untuk membeli di tempat Anda.

Kedua, media kita harus up to date. Yang dimaksud adalah konten yang disajikan bagus dan relevan. Konten bisa berupa video tutorial apabila berupa barang dan rincian produk. Selain itu, desain laman dirancang menarik. Misalnya, Bhinneka sudah mengubah tampilan lamannya sebanyak 20 kali. Ideal menurut Hendrik adalah tiga tahun sekali. Dalam menampilkan produk, disertai pula rincian atau spesifikasi dan harga.

Ketiga, sebuah bisnis terpercaya harus memiliki identitas yang jelas. Hal yang biasa dilihat pertama kali adalah alamat dan kontak. Selain itu, nomor telepon yang bisa dihubungi harus benar. Tak lupa pula, nomor rekening perusahaan ditampilkan dengan benar dan selama transaksi dilayani oleh manusia. Maksudnya disini adalah pelayanan dengan sesama manusia dinilai lebih efektif dan membuat perusahaan merasa dekat dengan pelanggan. Media komunikasi mudah dan media sosial diusahakan untuk selalu aktif.

Selanjutnya, kehadiran toko yang nyata. Toko dengan lokasi yang jelas membuat pelanggan bisa datang sewaktu-waktu membutuhkan. Bhinneka sendiri telah memiliki tujuh toko di Indonesia.

Selain itu, secure data dan payment system juga tak kalah penting. Langkah pembayaran yang lengkap, pilihan institusi keuangan terpercaya, dan data yang aman dan terverifikasi seperti trustee dan geo trust menjadi perhatian penting bagi para pebisnis e-commerce. Dijelaskan pula, Bhinneka saat ini memiliki 16 cara pembayaran yang semakin memudahkan pelanggan untuk bertransaksi.

Dari antara semua itu, yang menjadi patokannya adalah waktu. Selama waktu berjalan dan konsisten dalam menjalankan bisnisnya, Anda perlu memiliki sikap konsisten untuk menyikapi.

Melihat dari semuanya, bila dibanding Amerika, Indonesia masih kalah jauh. Berdasarkan sebuah riset terpercaya, situs Amazon menjadi market place yang paling disukai oleh masyarakat AS. 1 dari 4 orang di AS sudah belanja online dan dijadikan kebiasaan berbelanja. (Diana Nathalia)

 

Baca Juga

Laporan Event UKM Indonesia – Scale UP!: Ragam Marketing Tools Bagi Pelaku E-Commerce

Cara Meningkatkan Omzet Toko Online : Optimasi Semua Tahap Dalam Funnel Ecommerce Anda

Belajar SEO : Bagaimana Meningkatkan Ranking Anda di Google Dengan Bantuan Visitor Website Anda

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games. APKBOX.ME | APKINSIDER.INFO | APKID.INFO | APKMAIN.INFO.