Bagaimana Memaksimalkan Media Sosial Twitter untuk E-Commerce | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

Laporan Event UKM Scaleup 2015 : Bagaimana Memaksimalkan Twitter untuk E-Commerce

Posted by & filed under Ecommerce Indonesia, Featured, Social Media, Twitter.

 buat toko online menambah follower media sosial

“Di mana saya bisa menjangkau audiens yang luas?

Kemudian, bagaimana saya bisa akuisisi dengan biaya serendah mungkin?”

Didit Sofyan Widiatmoko, Country Marketing Manager Twitter Indonesia.

 

“Hidup adalah momen. Twitter adalah tempat Anda berbagi momen penting secara real-time,” ucap Didit Sofyan Widiatmoko, Country Marketing Manager Twitter Indonesia, membuka presentasinya di forum UKM Scale Up yang digelar idEA pada Sabtu, 30 Mei 2015 di Jakarta.

ARTIKEL TWITTER 2 - buat toko online di social media indonesia

Kenali Audiens di Twitter

Sebagai negara dengan pengguna twitter terbesar di dunia, ada beberapa topik yang ramai dikicaukan orang Indonesia di media sosial berlogo burung biru tersebut. Pada 2014, topik paling dominan adalah Piala Dunia, dengan total 672 juta cuitan. Menyusul berturut-turut adalah Pemilihan Umum (95 juta), Ramadan (43 juta), dan Hari Kemerdekaan RI (1,2 juta).

Berdasarkan umur, pengguna twitter Indonesia mayoritas berusia 25-34 tahun (44,4 persen), disusul 35-44 tahun (31,7 persen), 16-24 tahun (18,8 persen), serta 45-54 tahun (4,4 persen). Ada anggapan ‘perempuan lebih banyak berbicara.’ Namun, ternyata 67 persen pemilik akun twitter asal Indonesia berjenis kelamin laki-laki!

Selanjutnya, menurut demografi, pengguna terbanyak berasal dari Jawa (53 persen), kemudian DKI Jakarta (22,5 persen), Sumatra (13,1 persen), Kalimantan (3,7 persen), Sulawesi (2,8 persen), Bali (1,4 persen), serta Nusa Tenggara (1,1 persen).

Sementara, topik yang paling sering dicuitkan adalah hiburan (44 juta), kemudian kebersamaan (37 juta), shopping (15 juta), kecantikan (9 juta), dan olahraga (9 juta). “Setiap Ramadhan, penggunaan twitter melonjak tinggi,” tambah Didit. Bahkan, “Pembicaraan mengenai belanja Ramadhan sudah mulai terjadi satu bulan sebelum Ramadhan dimulai.”

 

Bagaimana Membesarkan Akun Brand Anda?

“It’s not rocket science, tapi dapat langsung diaplikasikan.”

 

1. Pertegas Keunikan Anda

Pertegas keunikan Anda dalam profil akun twitter Anda. Lebih baik terkenal akan sesuatu yang unik daripada tidak sama sekali.

2. Desain Bio Anda

Anda bisa jelaskan penawaran produk, value Anda, hingga apa yang bisa didapat audiens dari mem-follow Anda.

3. Pantau

“It’s a matter of always be engaged.” Cari tahu apa yang sedang dibicarakan orang seputar topik atau bidang yang digeluti UKM Anda.

4. Berinteraksi dan Tanggapi

Gunakan twitter untuk beri wawasan, informasi tentang perusahaan yang tidak dapat ditemukan pelanggan di tempat lain. Favorit dan re-tweet pesan positif dan menarik. Respons tweet kritik customer dengan positif.

cara menaikkan follower twitter media social indonesia

5. Ikuti Tren

Tweet dan interaksi tentang topik yang relevan.

6. Berikan Nilai Jual

Pelajari minat audiens dan sesuaikan perencanaan konten Anda. Jangan terus-menerus berjualan. Beri informasi mendidik, penawaran khusus, hingga kuis.

7. Tweet Sesuatu yang Dapat Dibagikan

Beri foto, pertanyaan, video vine. Sesuatu yang sekilas dilihat customer dapat membuatnya berpikir, I want to know more.

8. Amplifikasikan

Tahap ini lebih sekadar saran, tidak harus dilakukan: twitter ads untuk UKM termasuk toko online  (ads.twitter.com). Mengenai harga, Didit mengungkapkan, “Start dari satu rupiah. Tergantung dari reach yang ingin Anda capai. Karena ini sifatnya bidding.”

Namun, tak berarti Anda harus bersaing membeli satu kata kunci. “Rahasianya adalah coba Anda cari kata-kata lain yang juga diminati target market yang sama.”

 

oleh Jennifer Siddharta, mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara Jurusan Jurnalistik

 

Baca Juga

Cara meningkatkan dan menambah follower di media sosial

17 tools scheduling dan analisa media sosial

 

 

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games