Startup Indonesia | Bisnis Online | Cara membuat toko online | Peluang Dan Ide Bisnis Online

RSS
new

Mempelajari Konsep “Connecting Communities” Sinarmas Land di Media Sosial

Posted by & filed under Facebook, Social Media, Twitter.

 

Editor’s note : Dalam event “Optimizing Social Media for Communities and Beyond with Sinarmas Land”, yang dihadiri oleh puluhan anggota komunitas yang berdomisili di area BSD dan sekitarnya, Candra Widy, Head of Special Media & Digital Communication membuka acara ini dengan topik “Sinarmas Land Social Media : Connecting Communities”.

993785_417315301715876_168541348_n

 

Sinarmas land adalah properti developer dengan 40 tahun pengalaman, memiliki lebih dari 10,000 ha strategic landbank, artinya Sinarmas land memiliki potential growth besar sekali baik untuk bisnis atau komunitas, Sinarmas land juga memiliki 40 proyek termasuk residential, pabrik, dan sebagainya.

Di tahun 2012 Sinarmas land memenangkan lebih dari 20 penghargaan bergengsi di tahun 2012, salah satunya FIABCI Award 2013 yang sudah seperti “piala oscar”nya dunia properti kelas internasional. Di tahun 2013 juga memenangkan award lokal “Property & bank award”.

Project-project dari Sinarmas Land tersebar di berbagai lokasi :

Jabodetabek : BSD City, Kota Deltamas Cikarang, KIIC Karawang, Kota Wisata Cibubur, Grand Wisata Bekasi, ITC Superblocks, La Grendeur hotel, Legenda Wisata Cibubur, Kota Bunga Puncak, Taman Permata Buana Jakarta, Banjar Wijaya Tangerang, Bale Titawana Bogor, Telaga Golf Sawangan, Plaza BII Jakarta, Wisma Eka Jiwa Jakarta, Wisma BCA BSD City, Ocean Park BSD, Damai Indah Golf, Sedana Golf Karawang.

Semarang : DP Mall

Surabaya : Wisata Bukit Mas, Wisma BII Surabaya, ITC Surabaya

Balikpapan : Balikpapan Baru, Grand City

Medan : Wisma BII Medan

Batam : Palm Spring Golf & Resort, Taman Duta Mas

 

Bagaimana kondisi internet Indonesia ?

Dari riset Wearesocial, menemukan bahwa internet users di Indonesia sejumlah 55 juta orang dari 248 juta, sekitar 22% penetrasi internet dan 18% penetrasi media sosial.

Dari jumlah populasi sebanyak 248 juta, ternyata jumlah mobile subscriber ada 269 juta atau penetrasi sebanyak 109%.

Dengan data seperti ini bisa dibilang sebuah brand atau bisnis ketinggalan jika tidak masuk media sosial dan internet, karena konsumen ada di sana dan teman-teman komunitas juga ada di sana.

Data yang saya ambil dari Komli (Exclusive agency Facebook di Indonesia) ada 56 juta active user online di Facebook dan dari angka itu, 49% nya kembali lagi setiap hari dan 44 juta juga menggunakan perangkat mobile. Mayoritas berusia 18-24 tahun (42%) dan 13-17 tahun (24%) dan 23-34 tahun (23%). Sedangkan behavior mereka dalam mengambil keputusan sebanyak 92% percaya word of mouth dari teman dan keluarga, 47 % percaya pada TV, radio dan koran.

 

komunitas di media sosial

 

Sedangkan di Twitter, Indonesia saat ini berada di posisi ke-5 dari Twitter user dunia, dengan 29 juta Twitter user, sedangkan orang-orang Jakarta menghasilkan 1,2 juta tweet per hari nya dan lebih dari 86% men-tweet lewat handphone.  Infografis lengkap tentang bagaimana pentingnya kota Jakarta di media sosial bisa dilihat di sini


belajar marketing jualan media sosial twitter facebook

Candra Widy

The internet is for people.

For people to form groups.

Groups with shared purpose

David Cushman, Brando Digital

 

manajemen komunitas community management

 

Sinarmas Land di Media Sosial

Sinarmas Land saat ini memiliki channel media sosial yang menjadi “Lifestyle information portal for communitites”  termasuk promosi event , informasi lifestyle yang juga menjadi wadah komunitas untuk berbagi.

Komunitas di daerah Sinarmas Land ada banyak sekali, antara lain :

  1. Blogger reporter | Facebook 
  2. BSD Society | Website | Milis
  3. TDA Tangerang | Facebook
  4. UKM Tangerang Goes Online | Facebook
  5. Bumi Serpong | Twitter | Website

Sedangkan Sinarmas Land sendiri memiliki kurang lebih 150,000 warga di BSD City, 34,000 warga di Kota Deltamas , 36,000 warga di Kota Wisata Cibubur dan masih banyak lagi di properti lainnya.

Dengan jumlah warga sebesar ini dan banyak dari komunitas yang ada menggunakan sarana online dan media sosial untuk berkomunikasi,  Sinarmas Land melihat sangat penting menggunakan media sosial untuk update berita seputar Sinarmas Land, promosi event, informasi lifestyle dan sebagai wadah berbagi untuk komunitas.

Sinarmas land berkolaborasi dengan komunitas dengan cara mempublikasikan kegiatan komunitas yang ada di BSD, dengan demikian akan terjadi customer engagement dan percakapan tentang komunitas di BSD sehingga mereka akan mulai tertarik dengan ekosistem yang ada di BSD, ujung-ujungnya adalah user acquisition untuk Sinarmas Land.

Sebaliknya, dengan aktifnya komunitas untuk berbagi melalui channel media sosial milik Sinarmas Land juga akan menarik orang-orang yang memiliki kesamaan interest dengan komunitas tersebut, sehingga diharapkan akan menjadi member baru.

Bagi komunitas sendiri ada beberapa keuntungan untuk mereka jika ikut berbagi melalui channel social media Sinarmas Land :

  1. Promotion dan awareness, komunitas yang ada di daerah Sinarmas Land bisa melakukan promosi event komunitasnya untuk mendapatkan coverage lebih luas melalui channel-channel Sinarmas Land.
  2. Network dan collaboration, setiap komunitas bisa saling terconnect dan melakukan kolaborasi.

Akun official social media dari Sinarmasland adalah http://www.facebook.com/sinarmasland dan https://twitter.com/sinarmas_land , ke depannya Sinarmas Land juga akan hadir di Google Plus dan Instagram.

If everyone is moving forward together, then success takes care of itself – Henry Ford.

Yuk kita maju bareng-bareng membangun komunitas, berbagi dan saling memberi value, memberikan contoh yang baik kepada masyarakat.

 

Baca Juga : Strategi Marketing di Media Sosial : Bagaimana Bertahan Dari Red Ocean