Mengapa Founder-Market Fit Sangat Penting? | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

Mengapa Founder-Market Fit Sangat Penting?

Posted by & filed under Leadership & Managing, Running a Business, Startup.

startup di indonesia

Josh Kopelman, co-founder First Round Capital, salah satu venture yang paling sukses dan ternama, baru baru ini menuliskan Tweetstorm yang wajib-dibaca.

Pemikiran Josh adalah founder perlu meluangkan waktu lebih banyak dalam memikirkan ide apa yang dipilih untuk dikerjakan. Ia juga mengatakan kebanyakan founder meluangkan waktu sedikit dalam memikirkan ide apa yang dipilih, padahal pemilihan ide adalah faktor penting keberhasilan startup.

 

Sebelumnya, ketika ditanya mengenai strategi investasi First Round Josh membagikan dua pemikiran:

  1. Kami pikir founder-market fit sangat penting, saya sudah kehilangan banyak uang berinvestasi untuk founders dengan pengalaman usaha B2B selama tahunan yang sekarang ingin mengejar ide konsumen (B2C/C2C) – dan sebaliknya.
  2. Kami mencari founder yang memiliki pemikiran yang menarik, insight yang unik“. Kami ingin memahami tesis Anda yang bersifat contrarian (yatu, mengapa Anda berpikir para pemain yang ada salah) – dan mengapa Anda berpikir sebuah startup (milik Anda khususnya) akan menang.

 

Jadi apa sebenarnya Founder-Market Fit, dan MENGAPA ini sangat penting?

Founder Market-Fit sebenarnya sebuah indikator dari “pertarungan” atau “pergumulan” antara founder dan permasalahan yang akan mereka hadapi.

Apa yang mendorong founder untuk memulai bisnis?

Apa pengalaman yang dimiliki oleh founder dalam bidang tersebut?

Apa pemikiran unik yang dimiliki oleh founder untuk memenangkan persaingan?

Kenyataannya adalah kebanyakan founder memulai bisnis dalam bidang yang tidak mereka kuasai.

Contohnya, ketika Anda menanyakan kepada orang lain tentang bisnis apa yang ingin mereka jalani? Kebanyakan orang mengatakan akan membuka sebuah restoran.

Membuka sebuah restoran merupakan ide bisnis yang buruk bagi 99% orang. Bisnis restoran memiliki margin yang tipis, dan tingkat kegagalan yang tinggi. Hanya karena Anda mengonsumsi dan menyukai makanan, bukan berarti Anda bisa sembarangan membuka sebuah restoran. Kebanyakan orang tidak memiliki founder-market fit untuk membuka sebuah restoran, mereka tidak mengerti seberapa sulitnya untuk unggul dalam bisnis ini.

Sama halnya, kita bertemu banyak founder muda yang berpikir untuk memulai bisnis yang dapat membantu anak muda menemukan kehidupan malam di kota besar. Logikanya mereka kesulitan menemukan apa yang harus dilakukan, dan begitu juga teman mereka, maka dari itu masuk akal untuk memulai bisnis yang membantu orang mencari aktivitas.

Ini bukan ide bisnis yang baik dan tidak ada founder-market fit yang sesungguhnya disini. Memang, hal ini menjadi masalah, tetapi bukan masalah yang unik, dan tidak ada pemikiran khusus atau unique insight yang dimiliki oleh founder.

Masalah yang sedikit lebih ringan adalah ketika Anda memiliki founder yang bergerak dalam bidang yang tidak mereka kuasai. Seperti yang telah disebutkan oleh Josh Kopelman, hanya karena Anda pernah sukses sebagai founder perusahaan B2B bukan berarti Anda akan berhasil sebagai founder perusahaan B2C.

Domain experiences really matters

Jika Anda memulai dalam bisnis yang tidak Anda ketahui, Anda hanya membuang uang dan waktu untuk mempelajarinya. Seperti Anda pergi ke sekolah, bedanya, bukan orang tua Anda tapi investor yang membayar edukasi Anda. Dan para investor tidak menyukai ini.

Pengalaman sangat penting dalam industri b2b, di mana domain knowledge/domain expertise menjadi sangat critical. Tanpa pemahaman yang kuat mengenai industri tersebut Anda tidak bisa mengidentifikasi gaps dan opportunity yang ada.

Founder yang memulai bisnisnya di ranah yang asing untuk mereka, kebanyakan akan menemui kesulitan

Sebaliknya, jika Anda menguasai bidang industry tersebut, Anda bisa mengidentifikasi kesempatan yang ada, bergerak cepat dan membangun bisnis yang baik. Inilah beberapa contoh dari founder dengan Founder-Market Fit yang baik :

DigitalOcean saat ini merupakan hosting provider terbesar kedua di dunia. Perusahaan ini diawali oleh sebuah tim yang bekerja di perusahaan hosting selama 10 tahun dan menguasai hosting luar dan dalam.

GreatHorn merupakan perusahaan security yang terfokus untuk mencegah serangan spearfishing. GreatHorn didirikan oleh Kevin O’Brien yang sebelumnya menjadi bagian dari lima startup security.

Pendiri ImpactHealth, sebuah perusahaan asuransi kesehatan direct-to-consumer, memiliki lebih dari 10 tahun pengalaman dalam bidang kesehatan dan asuransi.

Rahul Sidhu, pendiri SPIDR, sebuah perusahaan yang terfokus pada modernisasi intelijen kepolisian, yang sebelumnya menjadi seorang petugas law enforcement di area Los Angeles.

Founder tersebut mengetahui market mereka dan karena itu, mereka bisa mengidentifikasi kesempatan dalam industri dan market, bergerak lebih cepat dan mengembangkan bisnisnya.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda memiliki founder-market fit? Kenapa Anda melakukan hal yang sedang Anda kerjakan? Apa hal unik yang Anda punya untuk membedakan Anda dengan perusahaan lainnya dan memenangkan kompetisi?

Sumber : Techstars

Baca Juga

Apa Kesalahan Terbesar Yang Bisa Dilakukan Seorang Pemimpin ? Guest Post Oleh @Byotenega

Belajar Bisnis: 22 Kesalahan yang Sering Dilakukan oleh Seseorang yang Baru Pertama Kali Menjadi CEO

Memahami Konsep Kepemimpinan Bisnis Online Jeff Bezos

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games. APKBOX.ME | APKINSIDER.INFO | APKID.INFO | APKMAIN.INFO.