Mengapa Merekrut "B Player" Dapat Membunuh Startup Anda | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

Mengapa Merekrut “B Player” Dapat Membunuh Startup Anda

Posted by & filed under Featured, Running a Business.

soccer-whining

“A players hire A players and B players hire C players”

 

Player B dan C adalah Player yang jauh lebih buruk daripada D dan F. Bahkan, biasanya Player B adalah karyawan terburuk yang dapat membuat startup Anda hancur.

Sebelumnya, mungkin akan saya jelaskan apa yang saya maksud dengan stereotip ini dalam dunia startup.

Player A : Sepenuhnya mandiri dan mengambil inisiatif yang berdampak positif perusahaan.
Player B : Mengerjakan pekerjaan dengan baik, tapi tidak sepenuhnya mandiri, dan tidak konsisten
Player C : Hanya rata-rata, dan tidak unggul di daerah manapun.
Player D: Buruk, dan seharusnya tidak berlangsung lama jika Anda seorang manajer setengah-mampu.
Player F : Mudah dilupakan… layaknya hari kemarin

Good enough is enemy of Great

“Cukup baik” adalah musuh dari “sangat baik”. Bila Anda memiliki seseorang dalam tim yang menurut Anda mereka melakukan pekerjaan dengan cukup baik, Anda mungkin akan mempercayakan mereka dengan tugas yang penting. Ini akan berdampak pada evolusi seluruh perusahaan Anda. Jika Anda mempercayakan keputusan penting untuk seseorang yang hanya “cukup baik”, Anda akan melihat banyak peluang yang hilang.

Inilah sebabnya mengapa mempekerjakan pemain B akan membunuh perusahaan Anda. Pekerjaan akan menjadi baik, tapi tidak sangat baik. Mereka akan menyelesaikan pekerjaan mereka tepat waktu  tetapi tidak konsisten.

Katakanlah Anda sedang membangun startup, dan Anda memiliki player B sebagai vice president sales Anda. Player B nantinya akan banyak menutup kesempatan yang baik dan tidak konsisten dalam mencapai target. Jika mereka dibandingkan head-to-head  dengan perusahaan pesaing yang lebih baik, orang ini akan kalah. Jika Anda seorang pendiri startup pada tahap awal, Anda akan mati segan hidup tak mau.

Pelajaran untuk Anda

Saat Anda merekrut orang, orang tidak datang dengan sendirinya. Banyak orang yang salah dalam meng-hire karyawan kunci. Sebenarnya, dari awal kita bisa mengetahui dengan mudah bahwa orang yang kita hire adalah orang yang salah, yaitu jika orang itu gagal memenuhi target atau tidak cocok  dengan kita.

Jika Anda butuh untuk memecat seseorang, maka pecatlah. Sebagai contoh seorang pendiri startup memecat seluruh bagian QA (Quality Assurance) dari perusahaannya dan menjadikan engineernya sebagai QA. Hasilnya ? Kualitas produk yang lebih baik dan keluar lebih cepat. Bagian QA menjadi bottleneck dan tidak menjadikan kualitas lebih baik. Engineer menjadi tidak suka dan terlihat sedikit kisruh antara engineer dan QA. Setelah dicari kesalahannya, ternyata ada Player B di jajaran atas QA, sedangkan sisanya Player B dan di bawahnya (C,D,E,F). Tentu saja itu membunuh startupnya, jika saja ia tidak menyadarinya.

Jika kamu ragu-ragu maka kamu akan kalah

Masalah yang besar lainnya adalah bagaimana me-manage orang yang pekerjaannya baik. Manajer sering menyalahkan diri sendiri. Apakah pekerjaan tidak didefinisikan dengan baik? Apakah orang tersebut memiliki support yang cukup? Mungkin mereka hanya perlu lebih banyak waktu. Memang tidak mudah untuk menemukan orang-orang hebat, jadi mengapa membiarkan orang yang biasa saja?

Selalu ada kesempatan untuk tetap mempekerjakan yang dapat bekerja lebih baik. Dalam startup ada harga untuk yang berbeda antara sukses dan gagal.  Apakah Anda memberikan upaya penuh untuk membuat perusahaan Anda sukses? Sebagai pengusaha, Anda berkeringat darah untuk berhasil. Bukankah seharusnya Anda memiliki tim yang melakukan seperti yang Anda lakukan?

Setiap orang yang Anda pekerjakan yang bukan pemain top akan seperti kebocoran di lambung. Akhirnya Anda akan tenggelam.

 

Sumber : Jon Soberg, Blumberg Capital / Venturebeat.com

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games. APKBOX.ME | APKINSIDER.INFO | APKID.INFO | APKMAIN.INFO.