Mengapa Siswa dengan Rata-Rata Nilai C Biasa Sukses di Hidupnya | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

Mengapa Siswa dengan Rata-Rata Nilai C Biasanya Sukses di Hidupnya

Posted by & filed under Motivation & Inspiration.

 

 

Bush Lecture

Pidato George W. Bush (Presiden Amerika sebelumnya) tidak biasa terkenal dengan kemampuan pidatonya. Namun, ia pernah membuat sebuah pernyataan yang menarik perhatian saat memberikan sambutan di Southern Methodist University.

Katanya :

Untuk Anda yang akan lulus siang ini dengan kehormatan, penghargaan dan prestasi yang tinggi, saya mengucapkan ‘Selamat.’

Dan juga pada para C students* : Anda juga bisa menjadi presiden

*C Students : Mahasiswa dengan nilai rata-rata

Bush membuat lelucon tentang dirinya yang mendapatkan IPK yang biasa-biasa saja ketika kuliah, sekaligus memberikan perspektif pada mahasiswa-mahasiswa yang lulus walaupun dengan nilai yang kurang memuaskan.

Ia menekankan kenyataan bahwa IPK tidak menentukan seluruh hidup Anda, dan hidup mempunyai kemungkinan yang tidak terbatas.


Diluar pandangan Anda kepada Bush sebagai presiden, Ia mengatakan hal yang benar. Kenyataanya, sejumlah presiden seperti John F. Kennedy, Lyndon B. Johnson dan George H.W. Bush (Ayah dari George W. Bush) juga memiliki nilai yang kurang memuaskan di sekolah. Wakil Presiden, Joe Biden juga mengalami kesulitan mendapatkan nilai bagus ketika ia menjalani kuliah hukumnya.

Sebagai tambahan, ada juga sejumlah entrepreneur yang sangat sukses yang tidak membiarkan nilai akademiknya menghalangi mereka mencapai puncak kejayaan.

Sebagai contohnya Steve Jobs, ia tidak pernah menyelesaikan kuliahnya. Begitu pula Mark Zuckerberg dan Bill Gates. Selain itu milyarder wanite termuda di dunia yang merevolusi ilmu pengobatan, Elizabeth Holmes, juga adalah mahasiswa yang drop out dari kuliahnya di Stanford untuk mengejar mimpinya. Richard Branson, Founder Virgin Group, menderita dyslexia dan juga drop out dari pendidikan SMAnya di umur 15 tahun.

Astrofisikawan terkenal, Neil deGrasse Tyson, pernah memberikan pidato di University of Massachusetts Amherst:

Berapapun IPK Anda, dengan cepat akan menjadi tidak relevan di hidup Anda. Betapa saya ingin menyampaikan pada Anda betapa tidak relevannya hal itu.

Karena dalam hidup, tidak ada yang menanyakan IPK Anda.

. . . IPK hanya menentukan siapa Anda pada waktu itu dan tidak menentukan sisa hidup Anda selanjutnya.

Kecerdasan adalah hal yang subjektif, dan prestasi akademik tidak selalu menjadi alat ukur yang tepat. Sukses sebagai seorang siswa sangat bergantung pada kemampuan seseorang berjalan pada suatu sistem (dunia pendidikan), tapi tidak selalu menjadi persiapan terbaik untuk dunia yang sesungguhnya, yang seringkali merupakan dunia yang jauh berbeda dengan dunia pendidikan.

Bukan nilai, melainkan karakter, pengalaman dan koneksi seseorang yang akan mempengaruhi arah hidup mereka. Sukses membutuhkan passion, ketekunan, kecerdasan emosional dan kemampuan untuk mengerti arti kegagalan.

Inilah mengapa kita melihat banyak “C” Student, orang-orang yang tidak kita sangka, bisa mengubah dunia. Mereka mengerti apa artinya perjuangan dan sering mengatasi masalah lebih dari yang orang-orang sadari.

Ini tidak berarti mendapatkan nilai / IPK yang rendah akan menjamin kesuksesan. Berprestasi di sekolah juga tidak berarti Anda akan selalu berada di atas.

Pada akhirnya, nilai / IPK hanyalah tulisan di atas kertas. Prestasi sesungguhnya adalah saat Anda membuat perubahan di dunia sebenarnya. Jadi jika Anda baru saja lulus dari SMA atau kuliah dan Anda tidak menyelesaikannya dengan prestasi tinggi, janganlah putus asa. Hidup dipenuhi dengan keadaan naik dan turun. Kita telah belajar banyak di sekolah, dan pendidikan yang sesungguhnya terjadi setelah Anda keluar dari ruang sekolah.

Jangan berhenti belajar, jangan menyerah dan ingatlah untuk menikmati jalan hidup ini.

 

Baca Juga

Tanggapan Teman Sekelas Tentang CEO @AgateStudio yang Drop Out Kuliah

Mengapa Pengusaha Sukses Rata-rata Punya IPK 2,7?

Apakah Saya sudah Terlalu Tua untuk Memulai Bisnis Sendiri?

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games. APKBOX.ME | APKINSIDER.INFO | APKID.INFO | APKMAIN.INFO.