Mengetahui Jenis dan Angka-Angka di Bisnis Online Travel Indonesia | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

Mengetahui Jenis dan Angka-Angka di Bisnis Online Travel Indonesia

Posted by & filed under Ecommerce, Interview.

376220_474413662618083_2058151040_n

 

Minggu lalu saya ngobrol lagi dengan Natali Ardianto, Co Founder dan CTO Tiket.com, sudah lama kami tidak memuat artikel tentang Tiket.com (Baca juga : How I Did It At Tiket.com, Natali Berbagi Pengalaman dan Insight Monetizing Internet Startup). Kali ini kami menanyakan tentang jenis startup travel dan angka-angka di bisnis online travel Indonesia.

 

Secara garis besar, jenis startup travel ada dua, Aggregator dan Online Travel Agent.

Aggregator, umumnya mereka “melemparkan” order dari customer kepada website travel lain, seperti Burufly, hotelscombined, Wego, Tripadvisor.

Online Travel Agent (OTA), seperti Agoda, Tiket.com, Flamingo.co.id, Asiarooms, Priceline, Expedia, Gonla, PegiPegi, Valadoo.

Perusahaan yang menjadi aggregator lebih seperti “marketing company” berbeda dengan OTA yang jualan langsung. Aggregator mendapat revenue dari CPA (Cost Per Acquisition), CPC (Cost Per Click) atau CPM.

Uniknya OTA di industri hotel adalah adanya BAR atau Best Available Rate. Jadi sebenarnya semua OTA di seluruh dunia harganya sebenarnya sama semua. Yang membedakan adalah direct contractnya, misalnya Tiket.com memiliki direct contract dengan 1700 hotel, kami bisa minta diskon untuk periode 1 minggu – 2 minggu – 1 bulan misalnya. Ini trend pricing di OTA untuk hotel. Tetapi tidak berlaku di flight.

Seberapa besar marketnya ?

Agoda memiliki omzet 1 triliun rupiah per bulan di Asia Tenggara hanya untuk hotel dan hanya untuk transaksi kartu kredit saja. Padahal metode pembayaran online Indonesia kan kebanyakan bank transfer.Memang kalau di Tiket.com kami melihat kartu kredit sudah lebih tinggi daripada bank transfer (secara persentase), tetapi kalau ditotal semuanya (metode pembayaran tiket.com ada 14 seperti BRI, Clickpay, klikBCA) kalau dikumpulkan semua, kartu kredit jadi kecil, tetapi kalau dianggap berdiri sendiri, persentase kartu kredit jadi besar.

Urutan transaksi kami, nomor 1 kartu kredit, nomor 2 virtual accout (bank transfer), nomor 3 klik BCA.

Margin di bisnis ini untuk pesawat makin kecil (3-4%) bahkan nol, sedangkan hotel 17-25%, yang paling jelek kereta api dengan margin fix Rp.7500 per transaksi, sedangkan margin event 4,5% – 3%.

Reseller tiket saat ini kalau B2B yang register 1500, tetapi yang sudah aktif baru di atas 100, tetapi sudah menguasai 20% dari transaksi transaksi Tiket.com, sisanya retail. Kami baru bajak orang dari maskapai luar, semoga nanti angkanya bisa lebih baik.

Adanya pajak 1% dari gross (termasuk pariwisata) cukup memberatkan, Tiket.com kena untuk pesawat dan hotel, yang hotel tidak masalah karena komisinya besar, tetapi untuk pesawat margin komisi hanya 4% kena 1% lagi, bisa dibilang pajaknya sebesar 25-33% (karena dari gross).  Sebelumnya kan 10% dari net bukan dari gross.

Tahun ini revenue Tiket.com diperkirakan Rp. 500 miliar, revenue yah bukan profit. Kalau profit mungkin saya sudah tidak di sini.

Saat ini Tiket sedang menaikkan valuasi, kami baru beli gedung di sebelah kantor sebelumnya, karena untuk IPO ada syarat net asset (fisik) harus 100 miliar, sedangkan website tidak bisa divaluasi. Sedangkan untuk stasiun TV misalnya, memiliki kaset yang bisa divaluasi, misalnya 125 juta, sekali di play turun jadi 75 juta, di play lagi turun 50% sampai terakhir 0, kaset sudah tidak ada nilai tetapi revenue dari iklan dan penjualan kaset besar. Enak karena ada fisiknya tetapi sebenarnya valuenya di creativitynya, kalau Tiket.com apa yang dinilai ? server ? tidak bisa.

Target IPO Tiket.com tahun 2015 tetapi nampaknya akan mundur, mengumpulkan aset 100 miliar bukan hal yang gampang.

 

Baca Juga :

Lean Startup Lesson : Jika Punya Budget 1$ Saya Harus Spend ke mana ?

Cara Membuat Toko Online : Content Based Ecommerce 

 

 

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games. APKBOX.ME | APKINSIDER.INFO | APKID.INFO | APKMAIN.INFO.