Mengukur kesuksesan SEO menggunakan Google Analytics | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

Mengukur kesuksesan SEO menggunakan Google Analytics

Posted by & filed under Uncategorized.

Jika Anda sudah membaca sebagian besar artikel yang saya tulis, maka Anda pasti tahu abhwa saya tidak suka menggunakan rangking search engine sebagai pengukur kesuksesan SEO. Untungnya, kita memiliki cara yang jauh lebih baik untuk mengukur sukses tidaknya SEO, tool seperti Google Analytics adalah contohnya.

Saat memberikan presentasi seharian tentang SEO dalam kelas training di Universitas San Diego, saya menyadari bahwa banyak orang yang melakukan SEO sebagai bagian pekerjaan mereka tidak mengetahui informasi apa yang perlu mereka lihat atau cari di Google Analytics. Karena hal inilah, saya sudah menggabungkan beberapa pengukuran utama yang selalu saya lihat saat mengevaluasi perkembangan SEO dalam sebuah situs, serta cara untuk menemukan atau mengumpulkan pengukuran-pengukuran tersebut melalui laporan dan dashboard. (Ingatlah bahwa Google Analytics terus berubah dan berkembang, metode yang dituliskan dalam artikel ini cocok saat artikel ini ditulis, tapi mungkin akan berubah seiring waktu berjalan.)

Hal paling dasar untuk diukur saat menguji kesuksesan SEO

Jika Anda tidak melakukan hal lain, Anda setidaknya harus mengukur hal dibawah ini:

  • Organic keyword traffic (Trafik kata kunci organik)
  • Landing pages from organic search (Halaman landing dari hasil pencarian organik)

Untungnya, kedua hal diatas dapat ditemukan di Google Analytics

1. Keyword Organik yang Menghasilkan Trafik

Untuk mendapatkan nilainya, klik:
Standard Reporting >
Search > Organic >
Primary Dimension: Keyword

Anda akan mendapat gambaran besar dari keyword apa yang membawa trafik search organik ke situs tersebut, seperti dibawah ini:

2. Landing Page yang Menerima Trafik Organik Langsung

Untuk mengetahui dengan tepat halaman mana yang merupakan landing page, Anda bisa mengklik link “Landing Page” sebagai Primary Dimension. Maka Anda akan mendapat hasil seperti ini:

Dari sana, Anda bisa mengambil kedua laporan ini dan menambahkannya pada sebuah dashboard SEO sehingga Anda bisa melihat informasi ini dengan cepat saat mengunjungi Google Analytics.

Untuk melakukannya, Anda cukup mengklik link Add to Dashboard dibagian atas halaman dan Anda akan disediakan sebuah kotak untuk memilih dashboard mana Anda ingin menambahkannya. (Anda bisa memiliki beberapa dashboard.)

Kita akan membuat dashboard baru dan menamakannya “SEO Dashboard”.

Cek Timeline dan Table yang ada.

Sayangnya, tidak semua data di transfer kedalam dashboard Anda, tapi hal ini tetap cukup baik untuk dilihat saat Anda tidak memiliki waktu untuk melihat lebih jauh. Anda juga pasti ingin menambahkan report keyword yang dibahas diatas pada dashboard tersebut sehingga Anda bisa melihat keduanya dalam waktu yang bersamaan.

Sekarang SEO Dashboard Anda menyediakan sebuah laporan singkat tentang kata kunci apa yang membawa trafik organik dan halaman mana yang mereka kunjungi pertama kali.

Tapi report yang menjadi favorit saya adalah menggabungkan kedua data (keyword dan landing page) menggunakan “Secondary Dimensions”.

Jika Anda mengunjungi halaman report landing pge Anda dan mengklik:

Secondary Dimension > Traffic Sources > Keyword

Maka Anda akan bisa melihat dengan jelas keyword mana yang membawa trafik organik dari search engine dan mereka masuk ke halaman mana:

Sayangnya, Anda tidak bisa menyimpan report manapun yang menggunakan secondary dimension dalam sebuah dashboard. Tapi, minggu lalu, Google Analytics menawarkan shortcut untuk menyimpan report ini dalambentuk shortcut. Yang harus Anda lakukan adalah mengklik tombol link shortcut dibagian atas.

Beri nama shortcut Anda…

… dan Anda sudah siap! Report Anda yang tersimpan sekarang akan dimunculkan dibagian kiri bar dibawah area new shortcut.

Sekarang setiap kali Anda ingin melihat report yang lebih lengkat, Anda hanya perlu mengklik link shortcut tersebut dan Anda akan mendapat reportnya yang menggunakan patokan waktu Anda melihat (view) menggunakan Google Analytics.

Apakah Anda ingin mengirimkan report ini pada klien atau bos Anda melalui email? Anda tidak mengklik tombol email di bagian atas.

Isi saja kepada siapa Anda ingin mengirimkannya dan format yang digunakan (berbagai macam spreadsheet atau sebuah PDF). Anda bisa memilih untuk mengirimkannya secara otomatis dan rutin (seperti sebulan sekali) atau Anda bisa mengirimkannya hanya sekali saja. Pastikan Anda juga menyertakan pesan pendek, atau Google akan meminta Anda untuk melakukannya.

Klik Send, dan siapapun yang Anda kirimkan akan memiliki kopian report tersebut dikirimkan segera sebagai sebuah attachment.

Saya harap artikel ini bisa membantu Anda mulai mengukur kesuksesan SEO Anda. Ada jauh lebih banyak cara selain yang baru saya beritahu, tapi jika Anda adalah pengguna Google Analytics yang baru atau orang baru dalam dunia SEO, setidaknya sekarang Anda akan memiliki tempat memulai tanpa terlalu bingung.

Jill

Jill Whalen adalah CEO High Rangkings, sebuah perusahaan konsultan SEO di Boston, area MA sejak 1995. Follow Twitternya di @JillWhalen.

Baca Juga

Cara meningkatkan retention rate dan profit untuk toko online

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games