Startup Indonesia | Bisnis Online | Cara membuat toko online | Peluang Dan Ide Bisnis Online

RSS
new

Mitos Lean Startup : “Lean” dan “Bootstrap” adalah Dua Hal Berbeda

Posted by & filed under Lean Startup.

 

Banyak orang berpikir bahwa Lean Startup Movement berarti menjalankan perusahaan dengan ramping dan mengeluarkan uang sesedikit mungkin. Dan jika Anda membandingkan Lean Startup dan “bootstrap” itu merupakan konsep yang sama sekali berbeda.

Masalahnya adalah ketika kebanyakan orang berpikir “Lean”  mereka pasti berpikir startup tersebut menghabiskan uang sesedikit mungkin atau berjalan pada anggaran yang ketat. Itu adalah hal yang kurang tepat.

Berikut ini adalah pembahasannya agar tidak terjadi istilah yang tumpang tindih.

lean-startup_book-cover

Jadi mari kita mulai dengan definisi Lean Startup :

Sebuah Lean Startup adalah sebuah perusahaan yang berfokus pada cepatnya penciptaan prototipe dengan tujuan asumsi pengujian. Feedback Pelanggan digunakan untuk menggerakkan setiap iterasi yang memungkinkan untuk evolusi lebih cepat daripada proses tradisional.

Perhatikan tidak ada dalam definisi ini yang berbicara tentang menghabiskan sedikit uang atau makan Mi instan terus dan menggunakan kotak kardus sebagai meja. Metodologi Lean Startup adalah proses, tidak harus dilakukan dengan menghabiskan banyak atau sedikit uang , itu ada hubungannya dengan cepat atau tidaknya membangun prototipe untuk menguji asumsi Anda dengan pelanggan nyata.

Sekarang mari kita lihat definisi Bootstrap:

To finance your company’s startup and growth with the assistance of or input from others. (Entrepreneur.com)

 

Anda akan melihat bahwa definisi ini tidak terkait dengan proses “rapid iteration” atau menggunakan metode market testing. Bootsrap adalah tentang pembiayaan startup Anda dengan bantuan dan uang orang lain atau tidak. Ini berarti melakukan apa saja untuk memotong biaya dan menjalankannya dengan biaya rendah (finansially lean). Di sinilah kebingungan datang – ketika seseorang mengatakan mereka menjalankan dengan budget yang “Lean ” ini berarti “Lean” dalam definisi kamus umum dalam menjalankan dengan biaya rendah.

Bila Anda menggunakan “Lean” untuk membahas startups Anda bisa berbicara tentang sebuah perusahaan dengan ribuan karyawan dan jutaan dolar dalam pendanaan. Dalam buku Eric ia berbicara tentang Lean Startup dengan 7.000 orang, sebuah perusahaan kecil yang Anda mungkin pernah mendenganya, Intuit. Memang Intuit tidak bootstrap, pada kenyataannya mereka memiliki banyak pendanaan, tetapi mereka mengikuti prinsip-prinsip Lean Startup untuk rapid iteration (iterasi cepat) dan membuat produk dan jasa yang pelanggan sukai.

Perhatikan mitos tentang Lean Startup sebagai berikut ini yang ditulis di blognya Eric Ries:

Myth: Lean (ramping) berarti cheap (murah). Konsep lean startups berarti membakar uang sekecil mungkin.

Truth: Metode lean startup bukan tentang cost, tetapi tentang speed. Konsep lean startup membuang uang lebih sedikit karena mereka disiplin dalam menggunakan pendekatan testing dari ide dan produk baru. “Lean” ketika digunakan dalam konteks lean startup me-refer kepada proses membangun perusahaan dan produk menggunakan konsep lean manufacturing yang melibatkan pengujian hipotesis secara berulang dan cepat, pembelajaran mengenai customer dan pendekatan product development yang disiplin.