Pikir Dua Kali Jika Membuka Semua Hal Tentang Startup Anda Kepada Team Member Anda | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

Pikir Dua Kali Jika Membuka Semua Hal Tentang Startup Anda Kepada Team Member Anda

Posted by & filed under Startup.

 

 

Jadi ceritanya, artikel pendek ini adalah sekuel dari artikel “bajak membajak talent lokal ala perusahaan teknologi asing berkantong tebal tanpa dasar” (notes : ternyata bukan hanya perusahaan asing saja yang melakukan ini).

startup indonesia

Bajak membajak terus terjadi apalagi di beberapa niche yang sudah merah dengan tingkat persaingan tinggi.

Pikirkan, apa jadinya jika senior manager Anda dibajak oleh kompetitor ?

Semua list dan relationship dengan klien Anda akan bocor ke kompetitor, lebih parah lagi semua strategy Anda – mungkin sampai langkah-langkah strategic Anda setahun ke depan akan bocor juga.

Bagaimana mengatasinya ? Mungkin tidak bisa diatasi, yang bisa dilakukan founder adalah membatasi kebocoran informasi.

Hal ini tidak mudah tentu saja, salah satu caranya adalah hanya berikan informasi kepada team member yang berkepentingan saja. Jadi jika kepala divisi dibajak, ia hanya membocorkan informasi di area yang ia tahu saja.

Jangan sampai ada team member yang bisa dibajak (mis. dengan mengalikan gaji 2-3 kali), ia bisa membocorkan strategic plan Anda sampai beberapa tahun ke depan yang terkait dengan bisnis (marketing) dan operational (IT), belum lagi list klien yang ia bawa, action plan dari divisi marketing, IT, expansion plan dll – hal ini karena Anda tidak membatasi informasi yang Anda berikan.

Malah mungkin, tiap divisi memiliki ruang kantor sendiri-sendiri – di beberapa startup hal ini bisa diterapkan, tapi banyak juga yang tidak bisa diterapkan.

Good luck with your startup. Semoga tips ini berguna.

 

 

 

 

 

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games. APKBOX.ME | APKINSIDER.INFO | APKID.INFO | APKMAIN.INFO.