Startup Indonesia | Bisnis Online | Cara membuat toko online | Peluang Dan Ide Bisnis Online

RSS
new

Rahasia Menjaga Perusahaan Anda Hidup

Posted by & filed under Running a Business.

 

“Perhatian (atau kekhawatiran) bisa membunuh si kucing.” Kalimat ini adalah ungkapan yang umum digunakan sampai pada tahun 1873 ketika sebuah ungkapan baru “rasa penasaranlah yang membunuh si kucing”  mengganti ungkapan lama tersebut dan tampaknya menumbuhkan revolusi baru di dunia industri. Itu adalah saat dimana pekerja bekerja menggunakan tenaga mereka, bukan otak mereka. Jadi hal ini bukanlah merupakan sebuah kejutan lagi jika anak-anak pada masa itu dididik untuk patuh dan tidak banyak bertanya. Ketika masa berganti hingga ke tahun 2012, ungkapan berubah lagi. Nampaknya rasa penasaran yg dulu dilarang itulah yang membuat si kucing terus hidup.

Melihat hal ini perusahaan-perusahaan terus berlomba untuk mencari CEO yang inovatif. Semua CEO melantunkan lagu inovasi yang baru dan bersemangat karenanya. Tapi hanya beberapa CEO saja yang benar-benar mampu dan memiliki semangat yang kuat untuk sebuah inovasi lah yang bisa memberikan sebuah inovasi yang baik dan original untuk pelanggannya.

Pemimpin yang inovatif adalah tipe-tipe pemimpin yang memberikan batasan kompetisi yang jelas pada perusahaan mereka. Mereka melakukannya dengan pertama-tama memberikan contoh dari diri mereka sendiri dan kemudian mengharapkan orang lain mengikuti langkah mereka. Penelitian selama 8 tahun tentang buku The Innovator’s DNA telah membuktikan hal ini. Katakanlah bahwa sebuah inovasi didorong oleh pilihan, bukan kesempatan. Berikut ini adalah beberapa tips tentang bagaimana mereka melakukannya.

1. Seni sebuah penemuan

Pemimpin yang inovatif tidak hanya memulai dengan perusahaan yang inovatif, tapi juga menopang perusahaan tersebut dengan rasa penasaran yang kuat. Bisa dilihat perusahaan Amazon bisa terus menerus mengalahkan kompetitornya dikarenakan rasa keingin tahuan yang besar yang mendarah daging di perusahaan tersebut. Amazon memanfaatkan kekuatan penemuan yang tinggi di perusahaannya, tidak hanya untuk menghadapi sebuah masalah yang penting, tapi juga menggunakan prinsip tersebut untuk menyelesaikan permasalahan lainnya sekecil apapun masalah tersebut.

Menanamkan nilai sebuah penemuan dan pentingnya rasa keingin tahuan yang besar dalam sebuah perusahaan dapat mendorong perusahaan tersebut untuk terus bergerak maju mengejar hal yang mereka tidak ketahui. Jadilah pemimpin yang memiliki rasa keingin tahuan yang besar, dan tularkanlah hal itu kepada bawahan Anda.

2. Sebuah misi untuk memahami

James Cameron, telah mengerahkan seluruh tenaganya atas keingin tahuannya mengetahui bagaimana caranya mencapai dasar bumi. Rasa keingin tahuan ini dimilikinya sejak ia kecil, dan telah membawanya pada sebuah kesuksesan mentransformasikan sebuah kapal selam menjadi sebuah torpedo, dan mempercayakan tim nya untuk bersama-sama menciptakan sejarah itu.

Setelah ia melakukan perjalanan petualangan bawah lautnya itu, Cameron mengungkapkan “Bagi saya, cerita kesuksesan ini bisa dilihat dalam diri orang-orang serta dalam misi mereka dan rasa keingin tahuan mereka, juga dalam usaha mereka untuk memahami.” Hal menggambarkan esensi dari film blockbusternya, dimana tidak ada keraguan lagi dalam tiap langkahnya untuk mencapai tujuannya.

3. Teruslah membuka mata

Rasa keingintahuan yang dimiliki Cameron bukanlah suatu kebetulan ketika hal ini sampai pada menciptakan sebuah batasan kompetitif. Seorang pemimpin yang inovatif akan menciptakan perusahaan inovatif lainnya di belahan dunia manapun. Seorang pemimipin yang inovatif tidak akan dimakan usia, dan akan terus menampilkan karya-karya inovatif lainnya tak peduli berapa banyak waktu telah berlalu. Pemimpin yang inovatif akan membawa bawahannya untuk maju kedepan, dan terus bersikap kritis. Ia akan terus waspada terhadap setiap perubahan yang terjadi, sehingga dapat mampu menangkap apa yang diinginkan pelanggan dan memberikan cahaya baru dari sebuah penemuan yang mungkin dianggap usang.

4. Tidak ada yang bisa menggantikan passion

Kami juga menemukan bahwa para pemimpin inovatif tersebut tidak hanya menjaga rasa keingin tahuan itu terus ada, tapi juga menjaga satu hal penting dalam tiap perusahaan untuk menjaga apinya tetap hidup, yaitu passion. Kevin Systrom, co-founder dari Instagram memulai perusahaan mereka di tahun 2006 dengan passion yang besar tentang orang-orang yang bisa membagikan kisah mereka lewat sebuah foto. Sekarang dengan lebih dari 37 juta pengguna, Instagram telah berhasil membagikan passion mereka dan memberikan kesempatan kepada orang-orang untuk berbagi cerita lewat foto dengan siapa saja secara instan.

Meskipun kini Instagram sudah menjadi sangat terkenal, Systrom dan timnya terus berjuang dan mendorong perusahaan tersebut untuk terus berinovasi. Mereka  bekerja sama dengan Hipstamatic untuk memberikan tawaran baru bagi pengguna mereka untuk menambahkan platform untuk berbagi foto. Kerja sama itu memberikan akses kepada pihak Hipstamatic dan menciptakan sebuah komunitas baru.

Jadi, hal apa saja yang dapat membuat rasa keingintahuan terus hidup?

  1.  Perusahaan inovatif yang dipimpin oleh pemimpin yang inovatif. Contoh dari pemimpin itu sangat penting terutama jika kita berbicara tentang sebuah inovasi
  2.  Perusahaan yang inovatif akan menjalankan filosofi dan proses sesuai tempatnya, seperti “membuka mata” pada contoh dari Cameron yang memiliki suatu komitmen untuk terus berinofasi
  3.  Pemimpin yang inovatif akan terus berada di puncak permainannya dengan menjaga rasa keingin tahuannya terlepas dari segala hal yang menghadang
  4.  Perusahaan yang inovatif akan mengaharapkan setiap orang untuk melakukan hal yang sama. Tidak heran jika sedikitnya 70% dari pekerja mereka dapat dengan jujur menjawab “ya” pada setiap pertanyaan, “apakah inovasi merupakan bagian dari pekerjaan Anda? Dapatkah Anda melakukannya?”