Startup Indonesia | Bisnis Online | Cara membuat toko online | Peluang Dan Ide Bisnis Online

RSS
new

Riset Pasar Sebelum Memulai Sebuah Bisnis

Posted by & filed under Startup.

Apa yang biasa dilakukan oleh banyak perusahaan multinasional sebelum meluncurkan produk baru mereka? Yup, jawabannya Riset Pasar.

Mereka melakukan riset mengenai harga di pasaran, analisa target market, analisa kompetitor, dsb. Dan hal ini yang jarang dilakukan oleh mereka yang memulai bisnis. Kenapa? Karena biaya yang relatif mahal untuk melakukan due diligence di pasar offline.

Pada akhirnya, produk atau jasa anda di buat untuk memberikan solusi dari masalah atau kebutuhan dari pasar. Namun apabila pasar tidak membutuhkan produk anda, akan sulit bagi anda untuk mengembangkan bisnis.

Terima kasih kepada internet yang membuat semuanya menjadi lebih mudah dengan alat-alat yang ada di luar sana dan banyak yang memberikan jasa ini secara gratis. Yup, GRATIS.

3 alat yang bisa anda gunakan langsung saat ini (Alat ini diberikan secara gratis oleh 2 perusahaan paling besar dan paling berpengaruh saat ini di Internet. Google & Facebook) :

1. AdWords Keywords Tool (http://adwords.toffeenet.com)

Melalui alat ini, anda dapat melihat berapa banyak orang mencari hal-hal yang berhubungan dengan produk atau jasa anda.
Misal anda akan memulai usaha ‘Batik’. Melalui alat ini, anda bisa menemukan ‘Batik’ jenis apa yang di cari. Bukan hanya itu, anda juga bisa melihat berapa banyak yang mencari, dari negara mana mereka mencari, serta bahasa yang mereka ketikkan di dalamnya.
Langkah untuk menggunakan alat ini:

Step 1: Masukkan 1 kata yang berhubungan dengan bisnis anda di bagian ‘word/phrase’

Step 2: klik ‘Advanced Options and Filters’ dan pilih target pasar anda. Anda bisa memilih dari negara dan bahasa apapun yang tersedia

Step 3: Klik ‘Search’

Gambar di bawah adalah hasil riset untuk ‘Batik’ di wilayah ‘Indonesia’ dengan bahasa ‘indonesia’.

Melalui data diatas, anda dapat melihat 33ribu orang mencari ‘batik modern’ setiap bulannya. Dan anda akan menemukan banyak hal yang mungkin sebelumnya tidak pernah anda ketahui.

2. Google Insight (http://www.google.com/insights/search/)

Bagaimana trend suatu hal dalam suatu negara? Apa yang terjadi secara online? Google merangkumnya dalam sebuah alat yang dikenal sebagai insight tool.

Dalam alat ini, anda bisa melihat pergerakan trend, berita, lokasi, serta bagaimana prediksi di masa yang akan datang untuk data yang anda cari. Apakah trend naik, turun, atau datar.

Berikut adalah trend untuk ‘batik’ di Indonesia dari tahun 2004 sampai sekarang (april 2012) di web search

 

3. Facebook Database (http://www.facebook.com/advertising/)

Untuk market indonesia, ini adalah data yang paling mendekati hasilnya dibandingkan dengan alat yang lain. Karena dengan alat ini, anda bisa melihat berapa banyak yang tertarik dengan bisnis anda.
Bagaimana cara kita melakukan riset melalui Facebook? Dengan ‘memasang’ iklan melalui facebook. Cara melakukannya membutuhkan beberapa langkah.
Step 1: Klik ‘Create an Ad’
Step 2: Lihat langsung ke bagian 2. Targeting dan masukkan target pasar anda berdasarkan lokasi, demographics, dan interest.
tips: untuk interest, masukkan 1 hal yang menggambarkan produk anda secara keseluruhan.

Dari data ini, anda mendapatkan gambaran berapa banyak yang tertarik dengan produk anda.

Dengan mendapatkan data-data dari 3 alat diatas, anda mempunyai gambaran mengenai apa yang dicari oleh pengguna internet, ketertarikan mereka terhadap produk anda, dan bagaimana anda dapat mengikuti keinginan dari para pengguna. Solusi apa yang bisa anda berikan.

Anda bisa melakukan riset yang lebih dalam dengan menggunakan alat-alat ini dengan mengulangi langkah-langkah yang ada secara berulang. Luangkan waktu untuk mengembangkan bisnis anda dengan lebih cepat dan efektif.