Cari Ide di Industri Mobile ? Harus Tahu Mobile Tectonic | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

Lagi Cari Ide Aplikasi Mobile ? Pahami Mobile Tectonic, Mapping Industri Mobile Yang Digunakan Venture Capital Besar

Posted by & filed under Idea Generation, Mobile.

aplikasi mobile startup indonesiaMencari ide bisnis online atau startup ? terutama startup mobile ? Mobile Tectonics akan membantu Anda untuk menemukan ide startup yang mungkin akan menjadi the next billion-dollar company !

Mengapa ? Sequoia Capital, salah satu investor Tokopedia yang menanamkan total investasi 1,2 Triliun bersama SoftBank, menggunakan Mobile Tectonics untuk melihat next startup yang akan ‘change the game’.

Apa itu Mobile Tectonics ?

Adalah sebuah struktur ekosistem startup yang ada di industry saat ini, terdiri dari 3 layer: Foundational (layer paling bawah), Horizontal (layer kedua), dan Vertical (layer teratas). Anda dapat melihat strukturnya pada gambar di atas.

Foundational layer adalah perusahaan teknologi, umumnya perusahaan skala besar, yang memprodukis OS, hardware, jaringan operator, dan distribution, dan mereka berperan sebagai pondasi untuk para developer menciptakan horizontal dan vertical apps di atasnya.

Horizontal layer adalah bagian yang berperan untuk memberikan support pada setiap individual vertical apps, sehingga model bisnisnya adalah B2B pada layer ini.

Vertical layer adalah layer yang mempunyai peran di bidangnya masing-masing untuk memenuhi kebutuhan para target konsumen. Mereka adalah layer teratas yang langsung terhubung dengan konsumen individual, atau disebut B2C.

Beberapa perusahaan dapat berada di 2-3 layer sekaligus, salah satunya adalah Apple yang berada di ketiga layer tersebut.

Bagaimana penjelasan Timothy Lee (Early Stage Investor Sequoia Capital) tentang Mobile Tectonics ?

Timothy Lee, salah satu early stage investor di Sequoia Capital, menjelaskan bahwa mereka menggunakan Mobile Tectonics untuk menemukan dimana ‘the next billion-dollar opportunity’ mungkin akan muncul. Mobile Tectonics telah banyak membantu Sequoia untuk menemukan portofilio yang bagus, khususnya di bidang mobile. Beberapa portofolio mereka yang berkembang dengan baik misalnya AdMob, Chartboost, DropBox, WhatsApp, dan Square.

Lee mengatakan bahwa menurut estimasinya, tidak ada apps yang berdiri sendiri yang akan melebihi $100 juta dalam waktu dekat ini. Lee mencontohkan Evernote, daripada hanya menggunakan strategi Vertical sebagai app untuk mencatat, Evernote menciptakan “Evernote App Center” yang memungkinkan apps lain untuk berdiri di atasnya. Artinya, disini Evernote telah membuat Horizontal platform untuk membuatnya lebih besar dan merupakan kombinasi yang baik untuk Vertical apps-nya.

Facebook juga merupakan hal yang menarik untuk diceritakan. Lee mengatakan bahwa beberapa tahun lalu Facebook terlihat seperti ‘pure vertical’. Namun selanjutnya, Mark Zuckerberg menambahkan Horizontal Layer, yaitu Mobile App Install Ads, Facebook Connects, dan produk lainnya.

 

Baca Juga :

Sam Altman Y Combinator Menjelaskan Kenapa Ide Itu Penting Untuk Membangun Startup

Tokopedia Mendapatkan Investasi 100 Juta USD dari  SoftBank Internet and Media dan Sequoia

Cari Modal Usaha? Pahami Kriteria Bisnis yang Diinvest oleh Venture Capital !

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games. APKBOX.ME | APKINSIDER.INFO | APKID.INFO | APKMAIN.INFO.