Startup Indonesia | Bisnis Online | Cara membuat toko online | Peluang Dan Ide Bisnis Online

RSS
new

Semua Startup Advice yang Anda Baca Salah Atau Belum Tentu Benar

Posted by & filed under Featured, Motivation & Inspiration, Startup.

Editor’s note : Seringkali sebagai entrepreneur kita mendapatkan advice yang bertentangan, Hendy Tanata yang mengikuti inkubasi 500 startups mengatakan mendapat banyak advice dari mentor yang bertentangan satu sama lain. Contoh, ada mentor bilang “share ide bisnismu ke banyak orang untuk memvalidasinya” tetapi ada yang bilang “rahasia sukses startup adalah merahasiakan apa yang kamu lakukan”. Evan Williams, founder Twitter dan Medium memiliki pandangan yang bagus untuk menjelaskan hal ini.

 

Ada dua masalah besar jika Anda membaca sesuatu tentang mengapa perusahaan besar sukses :

1.  Korelasi bukan merupakan penyebab

Google adalah salah satu perusahaan paling sukses yang pernah ada. Google memberikan karyawannya kesempatan untuk menghabiskan 20% dari waktu mereka untuk apa pun yang mereka mau. Oleh karena itu, 20% dari waktu adalah ide bagus yang menyebabkan mereka sukses. benarkah?

Atau, Google berhasil karena mereka adalah insinyur brilian yang memecahkan masalah tepat pada waktunya meskipun kurangnya fokus karena “20% rule”  ? ini penyebab atau korelasi ? Saya tidak tahu, dan orang lain rasanya juga tidak tahu.

original (1)

Perusahaan tidak dibangun di laboratorium dan ada terlalu banyak variabel dan terlalu banyak randomness. Anda tidak bisa menambahkan bahan X atau melakukan A dan B maka C akan bekerja.

 

2.  Semuanya Tergantung

Bahkan dalam kasus di mana seseorang datang dengan ide yang benar-benar hebat yang bisa meningkatkan keuntungan bagi banyak orang, itu mungkin tetap salah untuk Anda. Perusahaan Anda berbeda. Mereka semua berbeda. Ada ide yang baik berlaku untuk sebagian perusahaan, tapi Anda tidak bisa mendapatkan ide-ide yang berlaku untuk SEMUA perusahaan.

Hire A player

Bagaimana tentang saran paling kontroversial dan paling umum yang : “Hanya mempekerjakan karyawan kelas A” . Pertanyaannya adalah, bagaimana jika saya tidak dapat meng-hire pemain A  karena pemain A tidak tersedia untuk sebagian besar perusahaan. Jika perusahaan hanya mempekerjakan pemain A sebagai aturan yang tidak bisa dilanggar – maka  pastinya mereka tidak pernah mempekerjakan siapapun. Kadang-kadang Anda harus bertahan dengan pemain B. Memang hal itu menyebalkan, tapi setiap perusahaan berbeda, Anda berbeda, bukan berarti hal ini tidak dapat berhasil. Ada banyak contoh perusahaan yang memiliki pemain selain A (Sekali lagi, ada banyak variabel.)

Walau demikian, mengapa Anda harus tetap membaca startup advices ?

Selama Anda memahami 2 hal di atas, membaca startup advice dan nasihat orang lain tetap disarankan. Ada dua manfaat yang bisa Anda ambil  :

1. Ide

Kita semua membutuhkan masukan dari luar. Orang-orang menemukan cara baru dalam melakukan sesuatu sepanjang waktu, dan itu bagus. Masukan dapat memberikan solusi taktis untuk mempresentasikan produk Anda, bagaimana cara untuk melakukan fundraising, atau cara-cara baru dalam memandang perencanaan dalam startup. Dengan memilih dan memilah ide-ide dan masukan ini, Anda mendapatkan pembelajaran dari pengalaman orang lain.

Anda harus selalu mencoba banyak hal dan mendapatkan ide-ide dari manapun.

2. Inspirasi

Membaca tentang kesuksesan orang lain, tidak serta merta membuat Anda sukses, tetapi pasti akan menimbulkan kecenderungan untuk ingin sukses. Itu penting. Banyak orang mendapatkan keuntungan dari model positif ini, seperti bagaimana kita harus berpikir lebih besar, bekerja lebih keras, dan terus mencoba-terutama ketika banyak hal menjadi sulit.

Terutama untuk Anda yang masih muda dan sedang mencari kunci keberhasilan. Seringlah membaca buku-buku bisnis dan cobalah terapkan rahasia mereka untuk kesuksesan Anda. contoh nya  membaca buku-buku tentang Bill Gates, pastinya itu akan membantu membakar api kewirausahaan Anda.

Jadi, ketika Anda membaca cerita dari dan tentang orang-orang yang sukses yang Anda kagumi, perlu diingat-untuk menganut nilai-nilai dari diri mereka seperti dedikasi, kreativitas, dan kerja keras daripada menerapkan salah satu teknik mereka.

Jadi, teruslah membaca. Dan mulai melakukan hal-hal yang membuat Anda bisa sukses – tidak peduli berhasil atau tidak, sehingga orang lain bisa mendapatkan ide-ide dan inspirasi dari Anda.

 

Sumber : Medium.com oleh Evan Williams

 

Baca Juga : Startupbisnis Forum – Startup advice yang paling diingat oleh Taufan, founder Fokado.com dan Giftcard.co.id