Startup Indonesia | Bisnis Online | Cara membuat toko online | Peluang Dan Ide Bisnis Online

RSS
new

Seperti apakah seorang entrepreneur itu? Apakah Anda salah satunya?

Posted by & filed under Running a Business.

Walaupun cukup sulit mendefinisikan seperti apakah seorang entrepreneur itu, tapi tentunya tidak ada ruginya jika kita coba mencari tahu.

Banyak definisi yang singkat dan jelas tentang entrepreneur yang bisa membantu Anda untuk tahu apakah Anda seorang entrepreneur atau bukan. Tapi kenapa sulit untuk menentukan definisi yang tepat ?
Berikut ini adalah tiga pertanyaan yang kerap membuat saya bingung?

Apakah entrepreneurship merupakan bawaan lahir atau bisa diajarkan?

Bisa jadi keduanya merupakan jawaban yang tepat. Beberapa potensi yang dimiliki seorang entrepreneur termasuk hasrat dan kemampuan untuk mendirikan dan memimpin sebuah organisasi, rasa keingintahuan yang tidak bisa dibatasi, ketidakinginan untuk menerima paradigma umum, dan ketidaknyamanan dengan dinamika politik yang terjadi di perusahaan besar.

Apakah entrepreneurship adalah sesuatu yang hanya terjadi di perusahaan kecil atau juga terjadi di perusahaan besar?

Entrepreneurship tentunya terjadi saat seseorang memulai suatu perusahaan baru. Tapi kebanyakan orang melakukan kegiatan entrepreneur di perusahaan besar dan kemudian memulai start-up setelah keluar dari perusahaan.

Apakah para entrepreneur perlu menimba ilmu di universitas dan pengalaman kerja sebelum memulai sebuah usaha?

Ada beberapa cerita terkenal tentang orang-orang yang di drop-out dari universitas dan menjadi entrepreneur yang sukses, misalnya: Bill Gates, Steve Jobs, dan Mark Zuckerberg. Tapi untuk kebanyakan entrepreneur, pengalaman bertahun-tahun telah membantu mereka untuk membangun jaringan dengan orang-orang dan untuk menyelesaikan masalah dalam sebuah industri lebih baik dari orang lain.

Ujian terbesar untuk mengetahui apakah Anda seorang entrepreneur atau bukan adalah mengetahui perasaan Anda saat melakukan kegiatan yang berhubungan dengan entrepreneur. Jika hal tersebut membuat Anda merasa lebih senang daripada bekerja sebagai seorang karyawan di sebuah organisasi besar, maka Anda adalah seorang entrepreneur.
Sebelum masuk lebih jauh lagi, mari kita bahas lebih jauh tentang kesuksesan seorang entrepreneur. Jika menurut Anda artinya adalah Anda bisa menghasilkan uang untuk Anda bermain golf atau berlayar, maka menjadi seorang entrepreneur pasti bisa membawa Anda mencapai tahap tersebut.

Tapi dalam pandangan saya pribadi, ditambah dengan hasil wawancara saya dengan orang-orang tersebut, para pemimpin start-up memiliki keinginan yang besar untuk menyelesaikan masalah-masalah yang mereka anggap penting, dan jika mereka bekerja keras untuk hal tersebut, merekan akan merasa senang dan sukses.

Jadi apa yang sebenarnya dilakukan oleh entrepreneur? Dalam bahasa mudahnya, mereka adalah orang yang melihat kesempatan dan menggunakannya. Jika mereka bisa melihat kesempatan dan bisa mengambil bagian besar sebelum kompetitor mereka, makan mereka akan sukses dalam kedua hal yang saya jelaskan diatas.

Lebih jelasnya, entrepreneur yang akan membangun produk dan organisasinya harus menghubungkan produk-produk tersebut dengan orang-orang yang akan membayar untuk produk tersebut. Untuk melakukan hal ini, entrepreneur harus bisa menentukan enam pilihan ini:

  • Menentukan tujuan
  • Memilih target pasar
  • Meningkatkan jumlah modal
  • Membangun tim
  • Memperoleh bagian dari pasar, dan
  • Beradaptasi pada perubahan

Jika Anda sudah berada dalam dunia entrepreneur, Anda pasti mengetahui apakah Anda menyukai dunia tersebut. Tapi jika Anda belum menjalankan sebuah start-up, bagaimana cara untuk mengetahui apakah Anda cocok menjalankannya?

Salah satu caranya adalah denganmelihat dari sudut pandang seorang investor, apakah mereka akan berinvestasi pada bisnis Anda. Kelima pertanyaan ini harus bisa disetujui oleh mereka:

  • Apakah Anda memiliki pengetahuan tentang dunia industri dan visi besar untuk masa depan start-up Anda?
  • Apakah Anda memiliki track record yang bagus dan keinginan untuk terus menang?
  • Apakah Anda cerdas, sangat ingin tahu, dan senang bereksperimen pada sesuatu dengan cermat dan cepat?
  • Bisakah Anda mengidentifikasi dan mengatur resiko bisnis?
  • Apakah Anda memiliki kharisma, integritass, dan kemampuan untuk menarik, mempekerjakan, dan memotivasi orang-orang terbaik?

Jika Anda bisa menyakinkan seorang investor bahwa jawaban Anda bisa menjawab “ya!” untuk semua pertanyaan diatas, maka Anda adalah seorang entrepreneur. Jika tidak bisa, maka Anda harus bertahan pada pekerjaan Anda sekarang ini.