Sharing Italo Gani tentang Performance Based Digital Marketing | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

Sharing Italo Gani CEO Adskom tentang Performance Based Digital Marketing (Part 2)

Posted by & filed under internet marketing, Sales & Marketing.

Tulisan ini dibuat oleh Abraham Ryan, community coordinator Skystar venture dari event workshop Introduction to Digital Marketing yang diadakan di Gading Serpong, Tangerang.
italo-gani

Setelah membagikan konsep digital marketing, Italo menjabarkan mengenai langkah melakukan digital marketing campaign.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan goal dari internet marketing. Goal akan menentukan pendekatan yang dilakukan Anda dalam tahap get found, convert, nurture hingga goal atau dengan kata lain merubah tingkatan konsumen dari target audience secara umum yang menemukan informasi di internet menjadi pengunjung yang tertarik mengunjungi website Anda dan terkonversi menjadi konsumen, kemudian setelah itu memberikan experience yang baik sehingga konsumen tersebut menjadi loyal.

Contoh beberapa tujuan dari digital marketing serta teknik mengukurnya:

memahami-performance-based-digital-marketing

Setelah menentukan goal yang ingin dicapai, berikutnya Anda baru dapat melakukan aktifitas digital marketing. Menilik pada performance based methodology yang telah dijabarkan sebelumnya, pada tahap get found, Anda dapat menciptakan kehadiran produk di ranah digital dengan menggunakan teknik organic seperti search engine optimization dan social media management atau teknik berbayar seperti paid advertising pada search engine (google adwords) dan online advertising (banner, social media ads) kemudian melihat efektifitasnya melalui besaran click through rate (CTR)-nya.

Pada tahap convert Anda wajib menganalisis perilaku konsumen saat dia berada di website dengan melihat seberapa besar persentase jumlah visitor yang langsung keluar dari website setelah hanya melihat satu halaman saja, atau yang lebih dikenal dengan istilah bounce rate. Apabila angka bounce rate tinggi, hal tersebut menunjukkan bahwa landing page atau halaman pertama yang tampil saat visitor masuk ke website Anda tidak menarik perhatian mereka. Contoh goal pada tahap convert adalah user membaca konten yang disediakan di website, user mendaftar menjadi anggota pada website hingga user melakukan transaksi. Tahap terakhir adalah aktifitas yang Anda lakukan untuk menciptakan konsumen yang loyal sehingga mereka melakukan transaksi berulang kali, mengunjungi website Anda untuk membaca konten, dan aktifitas lain yang menunjukkan adanya peningkatan loyalitas konsumen terhadap produk Anda.

Get found:

Aktifitas utama yang Anda lakukan adalah mendorong jumlah visitor ke website, beberapa caranya adalah melakukan SEO&SEA dan content marketing. Content marketing adalah metode dimana Anda memberikan informasi dalam bentuk narasi kepada target audience yang kontennya memiliki keterkaitan dengan produk Anda dan terdapat keyword relevan di dalamnya. Sedangkan SEO dan SEA erat terkait dengan men-target keyword yang memiliki relevansi dengan website Anda pada search engine.

Selain itu Anda juga dapat melakukan paid advertising untuk mendorong jumlah visitor ke website Anda, teknik yang umum dipakai adalah cost per-click yakni berapa besar biaya yang Anda keluarkan untuk setiap click dari iklan yang Anda pasang atau cost per million yakni berapa besar biaya yang Anda keluarkan untuk iklan yang ditayangkan sebanyak 1000 kali.

Get Lead:

Aktifitas utama Anda adalah mengkonversi website visitor menjadi konsumen potensial dengan mengoptimalkan website Anda. Berikut beberapa langkahnya dan satu dengan lainnya saling terkait serta proses ini dilakukan berulang kali:

memahami-performance-based-digital-marketing1
  1. Drive traffic, yakni tahap awal untuk meningkatkan jumlah visitor website Anda
  2. Running user behavior analysis, menganalisis perilaku visitor saat berada di website Anda seperti pergerakan kursor mouse, halaman yang dikunjungi serta jumlah click mouse dari visitor. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan tools, salah satunya click tale
  3. Create challenger landing page, berdasarkan hasil yang diperoleh dari point b, maka Anda dapat mengkustomisasi landing page Anda sesuai dengan perilaku visitor. Misal terjadi peningkatan click pada artikel bergambar dibandingkan artikel tanpa gambar (artinya visitor lebih menyukai artikel dengan gambar), maka Anda menyesuaikan artikel yang terdapat pada website Anda menjadi artikel dengan gambar
  4. Running A/B & multivariate testing, setelah Anda melakukan beberapa penyesuaian berdasarkan perilaku visitor dan misalkan Anda memiliki 2 tampilan yang berbeda namun memiliki konten yang sama, Anda dapat menguji coba tampilan baru pada website Anda kepada 2 grup visitor yang berbeda untuk mengetahui tingkat efektifitas dari masing-masing tampilan
  5. Implement landing page, setelah menemukan tampilan yang efektif mendorong interaksi visitor Anda dapat menerapkannya pada website Anda dan kembali mengulang proses dari tahap awal

Lead Nurturing:

Setelah Anda memiliki database dari konsumen potensial, Anda harus tetap melakukan interaksi dengan mereka guna memperoleh konsumen yang loyal terhadap produk Anda. Proses interaksi dapat dilakukan dengan cara mengirimkan ­e-mail marketing berisi promo ataupun perkenalan produk baru ataupun melalui social media engagement.

Proses ­e-mail marketing pun dapat dilakukan dengan menerapkan teknik A/B testing kepada 2 group database yang berbeda dengan mengirimkan 2 konten serta tampilan e-mail marketing yang berbeda dan kemudian melihat interaksi yang terjadi (apakah email dibuka, di-share atau terjadi peningkatan jumlah subscriber).

Dalam melakukan aktifitas digital marketing, penting untuk memahami tahapan yang ada di dalamnya serta mengetahui tindakan apa yang harus dilakukan dalam setiap tahapannya. Pemahaman yang tepat dalam setiap tahapan tersebut akan memudahkan Anda untuk mengetahui point apa saja yang patut diperhatikan dan yang perlu diukur. Post berikutnya akan membahas mengenai bagimana teknik untuk mengukur aktifitas digital marketing Anda guna mengetahui apakah hal yang telah Anda lakukan efektif atau tidak.

Like Skystar Ventures Facebook Page (Skystar Ventures UMN) untuk terus update seputar info kegiatan startup meetup di Tangerang, co-working space, incubation program, serta tips-tips praktis untuk bisnis Anda. Sampai jumpa di Performance Based Digital Marketing – Part 3!

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games. APKBOX.ME | APKINSIDER.INFO | APKID.INFO | APKMAIN.INFO.