Sharing CEO Adskom tentang Performance Based Digital Marketing (Part 3) | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

Sharing Italo Gani CEO Adskom tentang Performance Based Digital Marketing (Part 3)

Posted by & filed under internet marketing, Sales & Marketing.

Tulisan ini dibuat oleh Abraham Ryan, community coordinator Skystar venture dari event workshop Introduction to Digital Marketing yang diadakan di Gading Serpong, Tangerang.

digital marketing Indonesia

Layaknya aktifitas marketing pada umumnya, digital marketing pun memiliki teknik untuk mengukur efektifitasnya. Hal ini terkait mengenai tercapai tidaknya tujuan marketing serta besaran biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan.

Salah satu tools yang dapat digunakan adalah web analytic. Alat ini membantu Anda memperoleh insight berupa data serta memahami segala bentuk aktifitas yang terjadi pada website Anda. Beberapa web analytic yang dapat Anda gunakan adalah Google Analytics, Piwik, Omniture dan Yahoo web analytics. Berikut adalah gambaran mengenai bagaimana Anda dapat mengukur efektifitas dari aktifitas digital marketing Anda pada website Anda.

performance-based-marketing

Dengan bantuan web analytic tools, Anda dapat mengetahui traffic source mana yang memberikan kontribusi jumlah visitor yang tinggi menuju website Anda (search engine, ads click ataupun dari website lain), anggaplah jumlah visitor yang Anda miliki adalah 40.000 – 150.000.

Anda dapat mengarahkan visitor tersebut pada 2 landing page/ website yang berbeda dan melihat mana yang memiliki kontribusi yang lebih besar dalam hal mengkonversi visitor menjadi lead (konsumen potensial) atau pada artikel sebelumnya ditulis dengan istilah A/B testing. Idealnya Anda dapat memperoleh sekitar 5 hingga 20 persen lead dari total visitor website Anda.

Setelah memperoleh lead Anda harus mengukur berapa banyak lead yang terkonversi dan memenuhi goal yang telah Anda tentukan saat akan melakukan digital marketing campaign (transaksi, subscribe, share, etc). Oleh karena kita anggap lead adalah konsumen potensial dan telah memiliki minat, idealnya 45 hingga 90 persen dari lead dapat terkonversikan menjadi konsumen dan oleh Anda terus dibina interaksinya, salah satunya menggunakan metode e-mail marketing.

performance-based-digital-marketing

Gambar di atas merupakan contoh halaman web analytic dari sebuah website dengan goal marketingnya adalah pengunjung mendaftar/ submit application pada online application yang terdapat pada website. Anda dapat memperoleh data mengenai jumlah visit, bounce rate, serta jumlah visitor yang terkonversi mengisi application form.

Web analytics membantu Anda mengetahui jumlah audience dalam bentuk visitor yang mengunjungi website Anda, jumlah konversi pada setiap tahap serta bagaimana mereka berperilaku di website Anda (page yang sering dikunjungi, lama berkunjung, dan lainnya).

Setelah Anda melakukan pengukuran pada website dengan memanfaatkan web analytic tools, Anda sebaiknya juga mengetahui darimana asal visitor Anda datang, atau disebut dengan traffic source(seperti search engine, social media, ads banner, etc). Kemudian mengukur tingkat efektifitasnya dengan melihat besaran dana yang Anda gunakan pada setiap channel tersebut dan berapa banyak goal yang tercapai dari visitor yang menggunakan channel tersebut.

Contoh: Anda memiliki produk berupa smartphone application dan goal Anda adalah agar user menginstall application Anda pada smartphone mereka. Anda menaruh ads banner pada game apps katakanlah clash of the clans. Iklan pada apps clash of the clans disebut sebagai channel Anda untuk menarik visitor untuk menginstall produk Anda pada smartphonenya. Kemudian dana yang Anda gunakan untuk memasang ads banner tersebut dapat Anda komparasi dengan jumlah visitor yang menginstall application Anda via iklan tersebut untuk mengetahui tingkat efektifitas channel ads banner pada game clash of the clans.

Post ini membantu Anda memahami bagaimana cara mengukur efektifitas dari aktifitas digital marketing Anda dengan menganalisis setiap tahap serta channel yang Anda gunakan. Langkah berikutnya adalah Anda perlu melakukan optimasi secara berkelanjutan pada strategi yang Anda gunakan demi memperoleh hasil yang lebih efektif. Untuk memahami teknik pengukuran kampanye digital marketing lebih baik, Italo merekomendasikan buku Web Analytics 2.0 yang ditulis oleh Avinash Kaushik ataupun membaca blog dari www.kaushik.net/avinash/. Akhir kata semoga rangkaian artikel rangkuman dari workshop Italo Gani ini dapat membantu Anda untuk memahami dasar dari digital marketing dan dapat Anda terapkan pada bisnis Anda.

Like Skystar Ventures Facebook Page (Skystar Ventures UMN) untuk terus update seputar info kegiatan startup meetup di Tangerang, co-working space, incubation program, serta tips-tips praktis untuk bisnis Anda.

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games. APKBOX.ME | APKINSIDER.INFO | APKID.INFO | APKMAIN.INFO.