Startup Indonesia | Bisnis Online | Cara membuat toko online | Peluang Dan Ide Bisnis Online

RSS
new

Sifat Startup Teknologi : “Efisien Dan Scalable” Presentation by @JKTFI

Posted by & filed under Idea Generation, Running a Business, Startup.

 

[slideshare id=25128812&doc=fi-iwic2013-presentationv4-130811003024-phpapp01]

 

Editor’s note : Dalam berbagai kesempatan saya ngobrol dengan beberapa investor technology dan internet, mereka mengatakan alasan mereka masuk ke bidang internet adalah sifatnya yang efisien dan tidak mahal untuk memulainya. Facebook memiliki seed fund hanya sebesar 15,000 USD (Rp.150 juta) dari Eduardo Severin dan kemudian 85,000 USD (Rp. 850 juta) dari ayah Mark Zuckerberg. Selain efisien, perusahaan internet juga scalable. Novistiar dari Founder Institute memberikan gambaran dari sifat efisiensi dan scalability ini dalam presentasi sebagai berikut .

 

Dengan jumlah karyawan jauh lebih sedikit daripada Boeing dan Mcdonald, Google mampu mencapai value perusahaan jauh lebih besar dengan waktu yang lebih cepat

 

Indosat bersama sekarang sedang mempromosikan IWIC 2013 (Indosat Wireless Innovation Contest) , salah satu partnernya adalah Founder Institute.

Dalam beberapa kesempatan, Novistiar, salah satu Director Founder Institute memberikan slide materi di atas.

Slide ini memiliki beberapa bagian yang sangat menarik untuk diketahui oleh Anda para startup / internet entrepreneurs, antara lain :

  1.  Saat ini Indonesia berada di negara dengan ekonomi terbesar ke-16 di dunia, tahun 2030 diprediksikan Indonesia berada di posisi 7.
  2. Tahun 2015 Indonesia adalah pengguna internet no 5 terbesar di dunia (forecast medium-high) yang mayoritasnya adalah mobile.
  3. Saat ini investor dari luar negeri sedang masuk ke Indonesia.
  4. Top website di Indonesia sangat didominasi asing. Negara ini sangat butuh website lokal.
  5. Membangun technology startup tidak membutuhkan modal besar, Anda bisa memulai di garasi atau kamar di rumah sendiri.
  6. Dengan jumlah karyawan yang lebih sedikit (34 ribu), Google memiliki kapitalisai pasar / value perusahaan ($ 394.56 B) jauh lebih besar daripada Boeing ($ 78.66 B dengan 175 ribu karyawan), Mcdonald ($99 B dengan 761 ribu karyawan).
  7. Google mencapai nilai perusahaan seperti di nomor 6 dalam hanya 14 tahun, jauh lebih cepat daripada Boeing (97 tahun) dan Mcdonald (65 tahun).
  8. Local case study-nya adalah Tokopedia yang dimulai hanya dengan 2 cofounder, tanpa dukungan big group di belakangnya, berkompetisi dengan para pemain besar seperti Plasa, Rakuten, Multiply, namun sekarang menjadi website C2C no 1 di Indonesia, mengalami pertumbuhan 686% di 2012 dan telah melakukan beberapa kali raising fund.
  9. Sekarang apa yang harus kamu lakukan ? Pilih masalah yang real di mana kamu memiliki passion, temukan solusi yang cocok, bangun tim yang kuat, buat product yang baik dan lakukan launch dengan sangat fokus.

 

Baca Juga :

Perjalanan William Tanuwijaya Membangun Tokopedia 

Kenapa Harus Masuk Bisnis Internet ?

Inspirasi Yang Didapatkan Brian Arfi Dari Founder Institute