Kaskus: Upaya Ditengah Persaingan yang Semakin Ketat. | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

Kaskus: Upaya Ditengah Persaingan yang Semakin Ketat.

Posted by & filed under Startup.

18255855215_113628eb3c_z

Pada tanggal 29 Mei 2015, Ideabox, Inkubator bisnis yang dimiliki oleh perusahaan telekomunikasi Indosat mengadakan rangkaian acara tour ke berbagai kantor perusahaan berbasis technology di Indonesia, khususnya Jakarta. Salah satu yang dikunjungi adalah Kaskus.

Tentunya bagi kita masyarakat netizen Indonesia sudah tidak asing lagi dengan Kaskus. Forum terbesar Indonesia yang lahir dari buah tangan Andrew Darwis bersama sepupunya, Ken Lawadinata ini semakin melejit sejak menjalin kemitraan dengan Group Djarum. Setelah keluarnya Andrew Darwis dan Ken Lawadinata dari jabatan CEO dan CTO Kaskus, tantangan selanjutnya muncul bagi kepengurusan Kaskus yang baru untuk tetap mempertahankan Kaskus sebagai forum terbesar di Indonesia ditengah semakin sengitnya persaingan di dunia marketplace.

Welcome Juragan demikianlah kata sambutan pertama pada presentasi Chief Marketing Officer (CMO) Kaskus, Rony Sugandha, pada rombongan Ideabox. Melanjutkan liputan kunjungan rombongan Ideabox pada tanggal 29 Mei lalu, setelah Grabtaxi, tour kembali dilanjutkan ke kantor Kaskus. Kedatangan rombongan Ideabox langsung disambut di Kaskus Playground, sementara menunggu, para peserta ideabox dengan asiknya mencoba berbagai permainan yang tersedia disana seperti misalnya mini golf. Saat para peserta memasuki ruang seminar, segelas cendol sudah disiapkan untuk dinikmati setiap peserta yang hadir.

18069779119_ed0e1a87ff_z 18257252161_f7679f97c9_z

Mungkin sudah banyak yang mengetahui bahwa beberapa waktu belakangan ini Kaskus mengalami beberapa kali perubahan wajah yang lebih segar. Perubahan tersebut tentunya perlu dilakukan untuk mengikuti perkembangan pengguna Kaskus yang telah mencapai puluhan juta sampai saat ini. Tetapi dalam perkembangannya ternyata tidak semudah yang dikira, tidak sedikit perubahan wajah Kaskus justru ditanggapi kurang positif dari berbagai user Kaskus, Khususnya para user lama. Hal tersebut tidak mengherankan mengingat Kaskus telah hadir sejak tahun 1999. tentunya para “Juragan” yang telah lama menjadi bagian dari kaskus pada awalnya akan merasa aneh dengan perubahan Kaskus yang diluar kebiasaan sebelummnya.

18069773179_5c5a13b30f_z

“Perubahan wajah Kaskus kami lakukan karena kami merasa perlunya ada perubahan untuk tetap bisa mengikuti trend yang ada sekarang”, ujar Rony Sugandha. Sampai sekarang Kaskus Playground sedang terus dikembangkan agar nantinya kekuatasn komunitas di kaskus bisa terus diperkuat. Sedangkan untuk kedepannya kaskus berencana untuk memperkuat program FJB dengan berbagai aplikasi untuk menghadapi persaingan e-marketplace yang semakin ketat. Kaskus Playground sendiri bisa dibilang seperti tempat di mana Kaskuser bisa mencoba berbagai macam aplikasi, termasuk aplikasi buatan startup Indonesia.

kaskus playground startup Indonesia

 

Tidak hanya lewat advertising saja, selama ini Kaskus mendapat revenue dengan konsep Hybrid nya, kaskus berhasil menyeimbangkan konsep pendapatan bisnis offline maupun online. “Jadi selama ini Kaskus tidak mendapatkan pendapatan dari advertising saja, seringkali kita diundang sebagai media partner misalnya seperti event IIMS (Indonesia International Motor Show) tahun lalu. Selain itu seperti yang kalian sering lihat, area Hot Thread juga sering menjadi sumber revenue kami seperti misalnya jika ada sponsorship thread”, terang Rony Sugandha lebih lanjut.

18068142478_aa9a64be0a_z

Tetapi bagaimanapun kekuatan utama Kaskus tetap pada keunikan komunitas dan membernya yang menjadi bagian paling besar dalam keberadaan Kaskus. Kaskus besar melalui membernya yang aktif dan memiliki senses of belonging yang kuat. Istilah – istilah Kaskus yang selama ini kita dengar seperti juragan, cendol, dll semuanya merupakan cerminan bahwa Kaskus sudah seperti masnyarakat tersendiri. “Seringkali kita melihat para member komunitas Kaskus melakukan event tersendiri yang bahkan tidak kita usahakan sebelumnya. Inisiatif tersebut lah yang selanjutnya kita hargai.” Terang Rony Sugandha lebih lanjut.

Untitled-1

Seperti yang kita ketahui, setiap harinya  Kaskus menghasilkan rata – rata 4.000 Thread baru, 28.000 forum jual beli baru, dan Kaskus merupakan tempat bagi sekitar 1.000.000 sellers. Selain itu, sampai sekarang Kaskus telah memiliki lebih dari 28 juta pengunjung setiap bulannya, 120.000 pendaftar baru setiap bulannya, dan telah di-view lebih dari 700 juta pages setiap bulannya.

Kaskus in geek on a bus startup Indonesia

Kaskus sebagai komunitas yang kuat berpotensi menghasilkan marketplace yang luar biasa di dunia forum. Seperti salah satunya kisah sukses seorang Kaskuser dengan usahanya menjual helmet Custom yang bertajuk Anajidan Helmet. Ia berhasil meraup untung dengan menjaring konsumen melalui komunitas di Kaskus.

Kemudian tantangan selanjutnya bagaimana Kaskus dapat menggunakan dan mempertahankan asset member tersebut dalam menghadapi persaingan ke depan. Member seperti apa yang merupakan asset terpenting bagi Kaskus? “menurut kita member yang paling penting adalah member yang bisa kita monetize, oleh karena itu Kaskus akan terus memperhatikan dan memaksimalkan potensi para member yang telah kuat ini agar Kaskus juga turut ikut berkembang” Terang Rony Sugandha.

Oleh Daniel Aristo

 

Baca Juga

Ideabox’s “Geeks on a Bus” Tour, Visited 5 Successful Startups in Jakarta

Grab Taxi: Komunikasi adalah Kunci Keberhasilan

 

 

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games. APKBOX.ME | APKINSIDER.INFO | APKID.INFO | APKMAIN.INFO.