The College Startup Lab: Eksperimentasi Ide Startup-mu Sekarang! | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

The College Startup Lab: Eksperimentasi Ide Startup-mu Sekarang!

Posted by & filed under Uncategorized.

 

College Startup Lab Final v2 (1)

Minggu, 8 November 2015. Dengan lebih dari 70 juta pengguna internet, Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadikan bisnis startup berbasis teknologi sebagai tulang punggung pertumbuhan ekonomi. Seiring dengan pertumbuhan ekosistem startup teknologi ini, semakin banyak lulusan perguruan tinggi yang memilih untuk bekerja di perusahaan-perusahaan teknologi rintisan. Tidak sedikit pula yang memilih untuk memulai startup sendiri.

Sayangnya, antusiasme ini kebanyakan belum dibarengi dengan pola pikir yang tepat, bahwa sebuah bisnis haruslah dibuat untuk menyelesaikan masalah dan memenuhi kebutuhan pengguna. Menurut Fortune (2014),9 dari 10 startup gagal akibat ketidaksesuaian antara produk dan kebutuhan pasar.

Hal inilah yang mendorong ASEAN Business and Economics Student Association (ABESA) bersama Kairos ASEAN menyelenggarakan The College Startup Lab, sebuah startup bootcamp intensif selama 3 hari 2 malam, bertujuan mengajarkan para mahasiswa tentang kerangka berpikir yang tepat dalam membuat startup. The College Startup Lab yang akan diadakan pada Jumat-Minggu, 4-6 Desember 2015 di Hotel Amazing Koetaradja, Jakarta Pusat ini mengadaptasi kerangka berpikir design thinking dari Stanford University Institute of Design sebagai kurikulumnya.

Rangga Husnaprawira selaku Project Officer menjelaskan filosofi di balik The College Startup Lab, “Membuat startup itu sama dengan bekerja di laboratorium. Setiap formula kesuksesan akan berbeda untuk tiap startup–dosis dan proporsi yang tepat hanya bisa ditemukan lewat trial and error berulang-ulang. Di sini, mahasiswa akan diajarkan kerangka berpikir yang tepat untuk melakukan trial and error tersebut.”

 

Di The College Startup Lab, peserta akan dibagi ke dalam beberapa tim, dan tiap tim akan membangun suatu produk yang diperuntukkan sebagai solusi bagi suatu masalah yang ditentukan oleh penyelenggara. Peserta akan melakukan eksperimen langsung melalui berbagai workshop dan aktivitas yang menyenangkan, termasuk berdiskusi langsung dengan calon konsumen, hingga membangun prototipe produk. Produk tersebut kemudian akan dipresentasikan dalam pitching di depan venture capitalist, pendiri startup, dan inkubator.

Selama bootcamp, peserta akan diberikan materi dan mentoring oleh para pembicara seperti Achmad Zaky (Bukalapak.com), Albert Lucius (Kudo), Danu Wicaksana (Berrybenka.com), Iman Usman (Ruangguru.com), ShintaDhanuwardoyo (Bubu.com), Adrian Li (Convergence Ventures), Irma Hardjakusumah (Multidisciplinary Designer), Amalia Maulana (Etnomark Consulting), Faustine Tan (Hotel Quickly), Moses Lo (Xendit), Christian Sutardi (Fabelio.com), dan ZindyAmalia (Bridestory).

Pendaftaran The College Startup Lab dibuka hingga 15 November di laman startuplab.abesa.co. Para pendaftar akan diseleksi hingga tersisa 30 orang terbaik yang berhak mengikuti rangkaian program The College Startup Lab.

 

Tentang ABESA

ASEAN Business and Economics Student Association (ABESA), didirikan pada 2014, adalah platform bagi mahasiswa untuk mendapatkan real-life business experience, melalui program-program entrepreneurship, konsultasimanajemen, dan ekonomi/keuangan. Anggota ABESA terdiri dari mahasiswa dan alumni dari Universitas Indonesia, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Prasetiya Mulya, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Stanford. Misi ABESA adalah mengembangkan pemimpin-pemimpin bisnis masa depan di Asia Tenggara.

 

TentangKairos ASEAN

Kairos ASEAN adalah regional chapter dariKairos Society yang didirikan di AmerikaSerikatpadatahun 2008. Kairos Society merupakankomunitaseksklusifbagi entrepreneur global yang membantu para founder mudauntukmembangunperusahaan-perusahaan high impact.

 

Informasi lebih lanjut, hubungi:

Jo Reiner

M: +62 811 977 1977

E: jo.reiner.w@gmail.com

startuplab.abesa.co

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games