Bagaimana Kebaikan dan Kecintaan Menjadi Kunci Sukses Silicon Valley | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

The Secret Sauce of Silicon Valley oleh @jhong : Bagaimana Kebaikan dan Kecintaan Menjadi Rahasia Sukses Silicon Valley

Posted by & filed under Motivation & Inspiration, Startup.

Editor’s Note : Tulisan ini dibuat oleh James Hong pada blognya di Medium.com. Ia adalah Co-Founder HOTorNOT, sebuah startup photo rating yang berkembang menjadi sebuah dating site. Merupakan startup yang dijalankan secara bootstrap selama 8 tahun dan profitable yang akhirnya dibeli seharga $20 juta atau sekitar 200 milyar rupiah. Ia juga merupakan seorang angel investor.

silicon-valley

Backchannel baru saja menerbitkan sebuah tulisan tentang hal-hal yang membuat Silicon Valley seperti sekarang ini.

Orang-orang luar mungkin berpikir bahwa Silicon Valley mudah untuk direplikasi karena mereka dapat mengumpulkan dana ataupun engineering talent-nya. Namun, komponen yang sulit untuk ditiru adalah ketersediaan akses kepada para alumni yang telah sukses dan kemauan para alumni untuk membantu para founder startup generasi selanjutnya.

Contoh-contoh para alumni sukses membantu yang lainnya

Pada pertengahan tahun 90an, saya sering menghadiri pesta tahunan yang diadakan keluarga teman saya. Banyak orang-orang terkemuka dari Valley sering menghadiri acara tersebut termasuk Steve Jobs. Saya ingat seberapa besar kekaguman dan respect Steve Jobs terhadap para pemain lama seperti Andy Grove. Terlihat bahwa Jobs sangat merasa beruntung mendapatkan seluruh pengetahuan mereka, dan para pemain lama tersebut juga senang membagikannya.

Saya melihat hal yang sama ketika saya berada di house party pada tahun 2005 berdiri di pojok rumah bersama Mark Zuckerberg dan Marc Andreessen (Tidak penting seberapa terkenalnya seseorang di dunia teknologi, sepertinya orang-orang ‘geek’ seperti kami akhirnya selalu berdiri dan mengobrol di pojokan). Saya rasa saat itu adalah pertama kalinya mereka bertemu, dan cara Zuck berbicara dengan Marc mengingatkan saya pada Jobs & Grove. Tidak terlihat sikap “tahukah kamu seberapa keren diriku” (baca: angkuh), yang terlihat adalah sikap menghargai dan keinginan untuk belajar. Itulah apa yang terlihat di mata saya, dan dengan semangat membantu ala Silicon Valley, Marc membantu Mark hingga akhirnya ia bergabung sebagai jajaran direksi Facebook.

Saya juga mendapatkan manfaat yang serupa dari efek ini

Ketika Jim Young dan saya memulai sebuah website di tahun 2000 yang bernama HOTorNOT, meskipun kami adalah anak-anak baru yang belum terkenal, kami mendapatkan bantuan yang tak ternilai harganya dan nasihat-nasihat dari orang-orang yang telah sangat sukses. Mereka tidak mempunyai alasan untuk membantu kami selain niat mereka untuk menjadi orang yang dapat membantu :

  • Larry Page dari Google memberikan kami saran tentang dimana kami harus memberi server (Rackable Systems) dan Jim Reese, head of engineering operations mereka (yang juga merupakan tetangga kami), memberikan kami beberapa saran technical tentang scaling.
  • James Joaquin dari Ofoto memberikan omzet penting pertama kami melalui affiliate deal. Hal yang luar biasa adalah mereka membayar kami dimuka, yang kami tahu hanya karena mereka menyukai kami. Cek tersebut benar-benar penting bagi kondisi keuangan kami.
  • Beberapa eksekutif Yahoo dengan sengaja membiarkan kami untuk host gambar-gambar kami di server mereka selama bertahun-tahun (kami awalnya mengira bahwa kami tidak ketahuan melakukannya, namun akhirnya kami mengetahui bahwa ternyata mereka memasukkan HOTorNOT ke dalam whitelist mereka. Ketika saya bertemu dengan mereka dan mengapa mereka melakukannya hal tersebut untuk kami, mereka mengatakan pada saya “kami mencintai HOTorNOT dan tidak ingin menjadi orang yang membunuhnya.”)

Rahasia dari Silicon Valley adalah kami ingat untuk membalas budi

Kami tidak lupa bantuan yang kami dapat, dan kami melakukan usaha khusus untuk membayarnya kembali. Sebagai contoh, kami memiliki banyak extra rack space dan bandwidth untuk memberikan free hosting pada perusahaan seperti Twitter, Bit Torrent, Zipdash (Google MObile Maps), dan Mochi Media di tahun-tahun pertama mereka. Kami juga mengalokasikan sebuah ruang pada website kami untuk mengarahkan traffic pada teman-teman kami. Jika memungkinkan, kami selalu memberikan waktu dan energi kami untuk membantu startup lain yang membutuhkannya.

Silicon Valley mempunyai sebuah kultur saling membantu yang diserap hingga orang-orang yang berada di puncak, dan saya rasa hal tersebut adalah perbedaan utama yang membuatnya berhasil. Pada banyak industri, orang-orang yang berada di puncak cenderung meremehkan startup. Sebaliknya di Silicon Valley, banyak orang-orang sukses yang tetap rendah hati dan merasa senang untuk membantu para startup jika mereka merasa startup tersebut menarik.

Marilah tetap melakukan hal tersebut

Saya mengakui bahwa saya khawatir kultur ini akan menghilang ketika saya merasa bahwa saya melihat tingkat bantuan yang diberikan sepertinya semakin berkurang sekarang ini. Anda dapat tetap melihatnya dari program-program seperti YCombinator, tapi bantuan sejenis ini dulunya adalah norma di Valley, tidak hanya pada inkubator. Saya berharap apa yang saya rasakan tidak benar dan mungkin ini hanya keluhan saya sebagai generasi yang berbeda.

Saya berharap, ada entrepreneur diluar sana yang melihat ini dan memutuskan untuk membantu membantu sesama founder, tidak karena Anda menginginkan sesuatu tapi hanya karena itu adalah hal yang baik untuk dilakukan. Dan untuk yang menerima bantuan, jangan lupa siapa yang telah membantu Anda dan berterima kasihlah dengan cara yang pantas. Marilah tetap membiarkan ‘secret sauce’ ini terus berlanjut.

 

Baca Juga

Mengapa Kita Membutuhkan Mindset Silicon Valley Dalam Membangun Ekosistem Startup Di Indonesia?

Stanford University Journey – Silicon Valley Amazing Culture in Entrepreneurship (Part 1)

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games. APKBOX.ME | APKINSIDER.INFO | APKID.INFO | APKMAIN.INFO.