Tools Baru dari Facebook yang Mampu Menilai Relevansi Suatu Iklan | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

Tools Baru dari Facebook yang Mampu Menilai Relevansi Suatu Iklan

Posted by & filed under Facebook, internet marketing, Social Media.

 

Facebook  menawarkan tools baru bagi para pengiklan/advertiser agar mereka bisa lebih unggul dalam persaingan iklan di media sosial yang mahal.

Skor relevansi yang tinggi, membuat harga pemasnagan iklan pun lebih murah

Skor relevansi yang tinggi, membuat harga pemasnagan iklan pun lebih murah

Mulai minggu ini, Facebook mengumumkan bahwa media sosial bisa memberitahu pengiklan seberapa relevan dan sesuainya iklan yang mereka pasang, dan memberi skor nilai pada mereka. Jadi, para pengiklan bisa memantau skor iklan mereka dan memperbaikinya agar menjadi lebih baik/relevan lagi. Hal tersebut bisa meningkatkan kinerja iklan yang dipasang dan memberikan penurunan biaya pemasangan iklan.

Facebook akan menilai iklan dan memberinya skor pada skala 1 hingga 10, dengan asumsi, 10 berarti iklan yang dipasang adalah sangat relevan dan sesuai dengan target pasarnya.

Facebook menentukan skor untuk iklan diukur dari seberapa positif atau negatif pasar akan merespon terhadap iklan yang dipasang. Penilaian positif didapat dari jumlah tampilan video/video views, shares and clicks. Sedangkan penilaian negatif didapat dari seberapa sering pengguna mengklik iklan tersebut sebagai spam atau minta untuk disembunyikan. Facebook akan memperbarui penilaiannya ketika iklan sudah disajikan 500 kali ke audience.

Langkah ini tampaknya menjadi terobosan terbaru dari Facebook, yang sedang mencoba untuk meredam banyaknya konten newsfeed dari orang-orang. Tahun lalu, Facebook menjadikan model pay-to-play (dan mengurangi organic reach) untuk brand/perusahaan/produk sebagai tempat berkomunikasi dengan konsumen/pengguna di Facebook, yang memberikan ruang bagi newsfeed/posting dari teman maupun keluarga. Model tersebut memungkinkan persaingan yang bebas bagi brand/merk suatu produk untuk muncul di newsfeed pengguna.

Selama dua tahun terakhir, biaya rata-rata untuk iklan di Facebook semakin naik tajam, sedangkah jumlah pemasangan iklan dari perusahaan/brand telah menurun. Pada kuartal keempat tahun 2014, biaya rata-rata iklan di Facebook naik sebesar 335%, dan jumlah iklan yang dipasan jatuh sampai 65%

facebook ads iklan

Namun, Facebook juga tidak ingin bisnis iklannya hanya menjadi arena persaingan bagi mereka yang memiliki banyak uang. Iklan yang  mahal juga terdengar mengerikan. Dan jika Facebook menampilkan iklan yang tidak cocok / tidak relevan untuk audience, hasilnya iklan tersebut bisa diabaikan atau bahkan dikomplain oleh audience atau pergi menjauhi situs yang memiliki iklan-iklan seperti itu. Jadi, Facebook berusaha untuk menjadi transparan terhadap para advertiser mengenai nilai skor relevansi suatu iklan yang dipasang, dan menampilkan alasan mengapa itu penting untuk diketahui.

Nilai atau skor terhadap suatu iklan menjadi penting, karena itu bisa mempengaruhi harga pemasangan iklan. Ketika ingin menentukan iklan mana saja yang akan ditampilkan ke para pengguna, sistem ad-delivery Facebook akan menilai seberapa besar biaya yang harus dikeluarkan pengiklan untuk menampilkan iklan tersebut pada orang-orang – ini disebut sebagai “bid” – dan sistem tersebut juga menunjukkan skor/nilai iklan tersebut. Skor relevansi yang tinggi bisa menjadikan biaya pemasangan yang lebih rendah.

Nilai/skor yang diberikan Facebook pada tiap iklan, bisa bervariasi tergantung dengan tujuan para pengiklan ketika menempatkan iklan penjualannya di Faceook. Sebagai contoh, sebuah iklan yang dipasang untuk mengajak pengguna mengunduh/download suatu aplikasi, penilaian yang dilakukan Facebook akan dilihat dari click-to-install rates-nya.

Skor relevansi ini ini memiliki dampak besar terhadap pengiklan yang ingin mengajak pengguna untuk melakukan sesuatu terhadap iklannya (action/konversi), seperti meminta pengguna untuk mengklik iklan mereka dan mengarahkannya ke situs mereka, atau ajakan untuk menginstal aplikasi dari suatu brand.

Sedangan para pengiklan yang memiliki brand besar, yang memiliki tujuan untuk menarik perhatian (goanya awareness, bukan konversi/action) skor relevansi ini tidak akan memiliki impact sebesar advertiser yang memiliki goal action.

 

Baca Juga

Belajar Facebook Ads : 5 Tips Membuat Call-to-Action untuk Meningkatkan Konversi Penjualan

 5 Tips Singkat Beriklan di Facebook Untuk Situs Toko Online (E-Commerce)

Cara promosi di Facebook : 55 Tips Jitu Memposting di Facebook

 

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games. APKBOX.ME | APKINSIDER.INFO | APKID.INFO | APKMAIN.INFO.