3 Aturan Penting dalam Menjalin Relasi Bisnis

Sekarang, coba tanya diri Anda sendiri, sudahkah Anda menghasilkan nilai-nilai yang terbaik dari relasi dengan rekan bisnis Anda? Berikut ini adalah 3 cara untuk mengisi kekosongan dalam jaringan bisnis yang Anda miliki selama ini.

Cobalah tanya kepada entrepreneur atau sales yang Anda kenal, hal apa yang merupakan aset terbesar mereka? Maka mereka akan menjawab jaringan dan relasi mereka.

Tak terhitung jumlah buku terlaris yang menulis tentang cara mengolah dan memelihara relasi. Walaupun begitu, bagaimana kita bisa melihat begitu banyak individu yang tidak bisa mengambil kesempatan untuk memperluas jaringan serta menemukan orang yang mungkin bisa menjadi partner terbaik mereka?

Seiring dengan perkembangan perusahaan, kita memasukkan orang-orang yang memiliki telenta terbaik dari berbagai perusahaan dan latar belakang profesional yang berbeda, kita menyadari bahwa setiap orang dalam perusahaan kami memiliki koneksi dan relasi kuat yang belum kami gunakan semaksimal mungkin.

Dibawah ini adalah 3 cara untuk menambah kemampuan Anda dalam memelihara jaringan dan mendapatkan hasil yang terbaik dari relasi profesional Anda.

1. Berfokuslah kepada nilai apa yang bisa Anda berikan kepada rekan-rekan Anda dan bukan berfokus kepada apa yang rekan Anda bisa berikan kepada Anda. Jika Anda bisa memberikan nilai kepada seseorang dalam jaringan Anda yang membutuhkan waktu dan investasi yang masih dalam batas aman, lakukan! Selain fakta bahwa ini akan terlihat baik di mata rekan Anda, Anda bisa yakin bahwa orang tersebut akan mencari Anda saat dia membutuhkan bantuan dalam area spesialisasi Anda.

2. Sebagai seorang “pengelola” relasi bisa memberikan keuntungan besar pada pengenalan diri Anda sebagai seorang profesional. Walaupun kita harus tetap memperhatikan kesibukan orang lain, hal simpel seperti mengenalkan 2 orang dalam jaringan Anda yang memiliki minat atau  tantangan yang sama bisa memberikan sesuatu yang menakjubkan bagi mereka berdua.

3. Jangan membiarkan ketakutan dalam diri Anda menjadi penghalang dalam membentuk hubungan dengan orang-orang yang baru. Jauh lebih mudah untuk berbicara kepada orang yang sudah kita kenal daripada membuat relasi yang baru. Bereksplorasilah pada tepi-tepi zona nyaman Anda untuk menempatkan diri Anda untuk membuat relasi baru yang produktif kapanpun kesempatan muncul.

Secara umum, lebih baik memiliki lebih sedikit hubungan yang berkualitas daripada memiliki ratusan hubungan yang berkualitas rendah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa langsung memulai untuk meningkatkan kualitas dari relasi dan hubungan yang profesional, sebuah kemampuan yang dikagumi dan didambakan oleh banyak orang, tapi hanya dikuasai oleh beberapa orang.

 

Baca Juga : Nasihat Pengusaha Sukses Khusus untuk Anda

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *