Bagaimana Memanfaatkan Digital Marketing Untuk Usaha Kecil

Dunia digital sering disebut dunia “horizontal” karena memungkinkan sebuah bisnis kecil untuk bersaing perusahaan besar. Namun ada beberapa hal dasar yang perlu diketahui oleh sebuah bisnis kecil untuk melakukannya. Berikut ini 5 tips yang dapat dilakukan untuk mempromosikan bisnis kecil Anda dengan memanfaatkan digital marketing 

1. Bangun sebuah website berkualitas dengan menggunakan WordPress

Pilih tempat terbaik untuk memulai sebuah website untuk bisnis Anda namun bukan sembarang website. Buatlah sebuah website yang sederhana, mudah untuk digunakan, memiliki konten yang menarik, dan dioptimisasi untuk search engines– WordPress adalah suatu tempat yang menarik untuk memulainya. Gunakan praktik SEO secara berkala dengan menulis konten baru dengan menggabungkan kata kunci yang relevan. Manfaatkan pengaruh blogging untuk mendukung strategi SEO Anda. Google menyukai konten social media.

2. Arahkan traffic yang tersedia secara cuma-cuma ke website Anda

Arahkan traffic ke website Anda dengan memposting blog secara berkala mengenai informasi yang berkaitan dengan pelayanan Anda dan tentunya harus bermanfaat bagi audience atau calon customer Anda, jangan gunakan media ini untuk selalu terus menerus menjual produk Anda. Bila user yang berkunjung ke website Anda menyukai apa yang mereka baca, mereka juga akan cenderung membagi informasi tersebut kepada yang lain melalui email, Twitter, Facebook, dan LinkedIn. Mereka bahkan mungkin me-repost blog Anda dengan memberi link back pada website Anda. Cara lain untuk mengarahkan traffic adalah dengan menulis konten bagi website lain sebagai tamu atau penulis reguler. Dengan cara ini biasanya memungkinkan bagi Anda untuk memberi link back ke website Anda. Anda juga dapat menulis atau berkontribusi untuk forum-forum digital seperti LinkedIn Groups, Kaskus, DetikForum atau forum digital lainnya.

3. Bersosialisasi dengan Social Media

Salah satu cara terbaik untuk menjangkau target audiens Anda adalah melalui social media. Banyak orang menggunakan internet untuk mencari layanan, jauh sebelum mereka benar-benar merencanakan untuk menggunakan layanan tersebut. Social media bisa mempengaruhi dalam tahap  awareness and consideration yang termasuk dalam proses pengambilan keputusan pembelian.

Buat suatu company page di Facebook dan LinkedIn, dan promosikan page tersebut pada customer Anda dan kepada email list yang sudah memberi ijin untuk Anda mengirim informasi tersebut. Perbarui konten dalam page ini secara berkala dan bangun interaksi secara langsung dengan prospek Anda. Dengarkan permintaan atau pertanyaan mereka dan penuhi keinginan mereka dengan jawaban dari ahlinya.

4. Fokus pada Keywords yang mempunyai pengaruh besar

Gunakan Google Insights for Search untuk mengindentifikasi kata kunci (keywords) yang mempunyai pengaruh besar dalam hubungannya dengan bisnis Anda, kemudian kembangkan konten dalam website dan blog Anda dengan kata-kata kunci tersebut. Tweet informasi, trend dan tips yang berkaitan dengan kata kunci tersebut dan juga uji dengan Google Adwords untuk mengarahkan search traffic.

5. Jadilah seorang Thought Leader atau influencer di bidang Anda

Menjalankan sebuah bisnis kecil dengan budget pemasaran yang terbatas berarti Anda harus lebih fokus menggunakan energi dalam mengembangkan reputasi Anda sebagai seorang ahli dan influencer dalam industri Anda. Tawarkan saran-saran dari Anda secara online melalui artikel, webinar atau sarana lainnya. Tawarkan juga feedback pada pengunjung website Anda untuk memberi Anda peluang dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka. Dan pertimbangkan juga untuk keluar dari dunia digital dan berbicara secara langsung kepada audiens Anda dalam berbagai kesempatan.

Sumber  :   bigmarketingsmallbusiness

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *