Cara Menjual di Internet : Case Study Offline – Online Integrated Marketing by @Radiculouz

Editor’s note : Rade Tampubolon adalah Digital Marketing Manager Orang Tua Group dan Co Founder SociaBuzz.com, sebuah Twitter advertising platform yang dapat digunakan oleh UKM/startup maupun brand. Di Artikel ini Rade membagi case study cara menjual di internet dari strategi permen Kurang Asem.

Video case study dari permen Kurang Asem ini, dalam rangka mempromosikan produk terbarunya yaitu permen Kurang Asem HOT Rujak, merupakan salah satu contoh aplikasi OFFLINE marketing yang diintegrasikan dengan ONLINE marketing.

Aktivitas promosi melalui truck branding dikaitkan dengan Twitter. Dapat kita lihat di video bahwa dampak yang dihasilkan menjadi lebih maksimal. Terjadi multiplikasi secara impressions dan awareness, dan masih banyak lagi manfaat yang didapatkan.

Mari kita bandingkan manfaat yang didapat tanpa dan dengan integrasi.

Manfaat yang didapat jika OFFLINE marketing saja (truck branding tanpa integrasi dengan Twitter):
– Impressions dan awareness offline saja

Manfaat yang didapat dari integrasi OFFLINE dan ONLINE marketing:

  • Impressions dan awareness offline
  • Impressions dan awareness online (orang yang melihat melakukan tweet dan tweet tersebut dilihat followers mereka)
  • Peningkatan jumlah followers Twitter @KurangAsem yang sangat signifikan (kalimat tweet me-mention @KurangAsem, sehingga orang aware terhadap akun tersebut, didukung dengan content tweets @KurangAsem yang lucu dan menghibur)
  • Pihak brand dapat mengetahui bahwa brandingnya dilihat dan diperhatikan

Hal ini bisa menjadi pelajaran bagi kita semua, bahwa dalam melakukan marketing untuk produk/jasa kita, usahakan melakukannya secara integrated untuk hasil yang lebih maksimal.

Always keep an open mind, be creative and innovative. Jangan hanya terfokus hanya dengan satu jenis media/platform/channel/aktivitas saja.

Selain itu juga terus uji coba strategi baru yang belum pernah kita atau orang lain lakukan. Keep exploring new ideas.
Salam kreatif!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *