Japanese Station, memanjakan komunitas penggemar dunia Jepang secara digital di Indonesia

Tren kebudayaan Jepang di Indonesia pada saat sekarang ini mengalami perkembangan yang signifikan. Berbagai kebudayaan yang berasal dari Jepang, baik tradisional maupun modern mulai diterima oleh masyarakat Indonesia, bahkan dikembangkan dan dikombinasi dengan kebudayaan asli Indonesia.Tren perkembangan kebudayaan Jepang di Indonesia ini juga menyebabkan keingintahuan masyarakat Indonesia akan berbagai hal yang berkaitan dengan Jepang menjadi meningkat.

Tingginya keingintahuan informasi mengenai berbagai kebudayaan yang berasal dari Jepang ditandai dengan munculnya berbagai komunitas-komunitas baik yang terhimpun secara offline maupun online, seperti komunitas anime, cosplay action figure tentang jepang, komunitas budaya tradisional jepang, serta komunitas berbau Jepang lainnya. Sayangnya, di dalam komunitas tersebut, topik mengenai Jepang dibahas secara spesifik, tergantung pada minat dan bidang komunitas itu sendiri.

Menjawab meningkatnya keingintahuan masyarakat Indonesia mengenai berbagai informasi dan budaya di Jepang, japanesestation.com muncul sebagai portal berita terdepan di Indonesia yang memberitakan berbagai informasi kebudayaan serta berbagai hal yang ada di Jepang. Portal berita yang dibentuk pada tahun 2010 ini menyajikan informasi seputar gaya hidup, dunia hiburan, budaya, musik yang secara keseluruhan berkaitan dengan Jepang. Tidak hanya itu, Japanesestation.com juga mengangkat berbagai profil komunitas berbau Jepang di Indonesia yang ingin mengenalkan komunitasnya kepada masyarakat luas.

Daniel Mardjuadi, founder japanesestation.com menyampaikan bahwa munculnya portal berita tersebut dilandasi oleh tantangan akan hausnya informasi masyarakat Indonesia tentang berbagai hal di Jepang.

“Dengan menyampaikan berbagai informasi yang berkembang di Jepang melalui japanesestation.com, diharapkan masyarakat indonesia dapat mengambil sisi positif dari budaya di Jepang.” Ucap Daniel.

Hingga saat ini, Japanesestation.com berusaha untuk menjadi media yang dapat menjawab tantangan akan kebutuhan informasi masyarakat Indonesia mengenai berbagai hal tentang jepang. Tantangan tersebut dijawab dengan penyajian informasi mengenai Jepang, tidak hanya secara lengkap dan akurat, tetapi juga secara cepat. Selain itu, pada saat ini japanesestation.com juga sudah mulai mengembangkan produknya ke dalam penyajian berita dalam channel youtube mereka, e-Commerce Store, Social Media Activity dan melakukan berbagai macam digital activation sehingga berita yang disajikan dapat semakin memanjakan para pecinta Jepang.

Untuk memudahkan para pengunjung dalam mengakses situs tersebut, saat ini juga telah dibentuk tim bernama JS Navigator sebagai Brand Ambassador mereka untuk memandu para pembaca setia dalam mengenal berbagai informasi yang disajikan. Mereka juga memiliki tugas untuk mendekatkan Japanese Station sebagai portal berita Jepang terdepan di Indonesia kepada seluruh masyarakat.

Sebagai startup portal berita, saat ini japanesestation.com telah dikunjungi lebih dari 5000 pengunjung tiap harinya. Tidak hanya itu, dengan memperluas jaringan melalui sosial media (Twitter: @JapaneseStation , Facebook: JapaneseStation) serta memiliki insight dan target audience yang cukup segmentatif di negara kita, Japanese Station terus berkembang dan memanjakan komunitas para penggemar Jepang di Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *