Manfaat Olahraga dalam Meningkatkan Produktivitas dan Prestasi Kerja di Kantor | Startupbisnis.com

Free Education for Indonesia Startup Entrepreneur

RSS

Manfaat Olahraga dalam Meningkatkan Produktivitas dan Prestasi Kerja di Kantor

Posted by & filed under Produktifitas.

Manfaat Olahraga dalam Meningkatkan Produktivitas dan Prestasi Kerja di Kantor

Kita semua tahu bahwa olahraga merupakan salah satu hal yang penting dilakukan untuk membantu menurunkan berat badan dan membentuk tubuh yang ideal. Bukan hanya itu, olahraga secara rutin adalah cara terbaik dan termurah untuk menjaga bahkan meningkatkan status kesehatan. Olahraga dapat menjaga kesehatan jantung, paru-paru, peredaran darah, serta sistem tubuh lainnya. Tapi tahukah anda bahwa olahraga juga dapat membantu meningkatkan produktivitas kerja? Berikut ini beberapa manfaat berolahraga untuk membantu menunjang karir anda di tempat kerja:

Lebih waspada dan berenergi

Hampir seluruh sel tubuh kita memiliki komponen bernama mitokondria. Mitokondria inilah tempat tubuh memproduksi energi untuk beraktivitas. Berolahraga secara rutin dapat merangsang sensitivitas dan perkembangan mitokondria baru di dalam sel, yang berarti memberikan tambahan energi untuk tubuh. Tambahan energi untuk tubuh berarti juga tambahan energi untuk otak. Selain itu, berolahraga juga dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh termasuk otak. Energi tambahan dan aliran darah ke otak yang lancar dapat meningkatkan dan mempertajam daya pikir otak sehingga anda siap untuk menaklukkan proyek-proyek besar berikutnya. Aliran darah dan energi ke otak juga dapat membantu meningkatkan daya konsentrasi dan kewaspadaan diri sehingga dapat meminimalisir kesalahan selama anda melakukan banyak pekerjaan.

Kesehatan fisik yang optimal

            Berolahraga secara rutin dapat meningkatkan status kesehatan fisik sehingga dapat membantu meningkatkan kapasitas dan performa kerja anda. Status kesehatan yang optimal dapat membantu anda melakukan pekerjaan dengan baik dan benar. Olahraga bukan hanya dapat membantu anda menurunkan berat badan dan menurunkan risiko penyakit degeneratif, namun juga dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Kardiovaskular yang baik dapat memberikan anda stamina yang baik selama bekerja sehingga tuntutan pekerjaan yang banyak dapat lebih mudah anda selesaikan. Stamina yang baik juga dapat menurunkan risiko cedera selama bekerja sehingga dapat memenuhi harapan dan kualifikasi pada posisi pekerjaan anda sekarang.

 

Olahraga-Meningkatkan-Produktifitas-Kerja Olahraga-Meningkatkan-Produktivitas-Kerja

Olahraga-Meningkatkan-Produktifitas-Kerja Olahraga-Meningkatkan-Produktivitas-Kerja

Lebih bahagia

Berolahraga juga dapat membantu meningkatkan kesehatan mental anda. Berolahraga secara rutin dapat membantu anda mengatasi perasaan cemas dan depresi di tengah banyaknya tekanan pekerjaan. Ketika berolahraga, tubuh anda mengeluarkan serotonin yang dapat membantu mengatasi tekanan pekerjaan dengan lebih mudah. University of Cambridge menyebutkan bahwa serotonin merupakan neurotransmitter yang dikeluarkan oleh otak ke seluruh tubuh yang berfungsi untuk mengatur mood dan emosi. Berolahraga secara rutin dapat membuat anda lebih mudah mengatasi stres yang merupakan masalah umum yang terjadi dalam dunia kerja. Selain itu, manajemen stres yang baik dapat membuat hubungan anda dengan rekan kerja maupun bos anda menjadi lebih baik dan lebih kooperatif.

Mencegah penyakit

Berolahraga secara rutin dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan menurunkan risiko berbagai penyakit. Itu artinya, berolahraga secara rutin dapat mengurangi kemungkinan banyaknya izin absen karena alasan sakit. Dengan meningkatnya daya tahan tubuh, anda telah mengurangi risiko untuk sering terkena flu dan penyakit umum lainnya yang sering terjadi. Berolahraga juga dapat menurunkan risiko penyakit degeneratif seperti diabetes mellitus, hipertensi, obesitas, penyakit kardiovaskular, dan banyak penyakit lainnya—yang tentu juga bepengaruh pada produktivitas kerja.

Bagaimana cara memulainya?

Anda tidak perlu berolahraga dengan sangat keras untuk memperoleh manfaat ini. University of Georgia melakukan penelitian dengan membagi beberapa orang menjadi 3 kelompok yang diberi perlakuan: olahraga intensitas rendah, olahraga intensitas sedang, dan kelompok yang tidak berolahraga. Selama 6 minggu percobaan, kedua kelompok yang melakukan olahraga sama-sama mengalami peningkatan energi dibandingkan dengan kelompok yang tidak berolahraga. Bahkan, kelompok yang berolahraga dengan intensitas sedang mengalami kelelahan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok yang berolahraga dengan intensitas rendah. Penelitian ini membuktikan bahwa olahraga dapat membuat anda merasa lebih berenergi hanya dalam waktu beberapa minggu.

Jika anda (merasa) tidak mempunyai waktu lebih untuk melakukan olahraga setiap hari, setidaknya mulailah dengan perubahan-perubahan kecil terkait gaya hidup dengan meningkatkan aktivitas fisik misalnya: berjalan selama jam istirahat siang, lebih memilih menggunakan tangga daripada lift, memarkir mobil di tempat yang jauh dari pintu masuk kantor, atau bahkan menggunakan sepeda untuk menuju kantor.  Setelah anda terbiasa dengan hal-hal tersebut, mulailah berolahraga ringan dan cobalah untuk rutin melakukannya misalkan jogging pada pagi hari selama 30 menit 3-4 kali per minggu, dan sebagainya. Perubahan besar diawali dengan satu langkah kecil. Jadikan olahraga sebagai kebiasaan, gaya hidup, serta bagian dari aktivitas sehari-hari—bukan hanya sebagai sarana hiburan di hari minggu (meskipun hal ini juga tidak buruk).

 

 

Olahraga-Meningkatkan-Produktifitas-Kerja Olahraga-Meningkatkan-Produktivitas-Kerja

Olahraga-Meningkatkan-Produktifitas-Kerja Olahraga-Meningkatkan-Produktivitas-Kerja

Kesimpulan

            Olahraga dapat meningkatkan status kebugaran seseorang. Dengan tingkat kebugaran yang baik, seseorang akan mampu melakukan banyak aktivitas tanpa merasakan kelelahan yang berarti. Peredaran darah yang membawa oksigen dan zat gizi ke seluruh tubuh termasuk otak menjadi lancar, metabolisme energi meningkat, sehingga aktivitas kerja menjadi lebih produktif. Penelitian yang diterbitkan oleh International Journal of Occupational and Enviromental Medicine pada tahun 2016 menyebutkan bahwa berolahraga secara rutin dapat membantu menurunkan jumlah absen kerja, meningkatkan produktivitas, bahkan meningkatkan status finansial seorang pekerja. Berolahraga secara rutin dapat membantu anda menyelesaikan pekerjaan kantor dengan lebih cepat, meningkatkan performa dan prestasi kerja, bahkan membantu anda layak untuk naik jabatan! Sebaliknya, jarang berolahraga dapat berisiko pada kesehatan—dan juga pekerjaan anda.

 

Ditulis oleh : Mochammad Rizal, A.Md.Gz, CSN (@rizalnutritionist)

Editor: Alvin

 

Baca artikel lainnya:

CARA BAKAR LEMAK MENJADI ENERGI : 5 KUNCI RAHASIA (TERBUKTI EFEKTIF)

CARA BAKAR LEMAK DAN MENINGKATKAN PRODUKTIFITAS

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10 is free apk downloader website for download best android apps and top games. APKBOX.ME | APKINSIDER.INFO | APKID.INFO | APKMAIN.INFO.