Memahami Konsep Kepemimpinan Bisnis Online Jeff Bezos

“Work hard, have fun and make history.”

Setelah Steve Job meninggal, Jeff Bezos sekarang menjadi pemimpin dunia IT yang disegani. Pada kesempatan ini, Jeff Bezos memberikan banyak saran kepemimpinan, mulai dari apa yang harus dibaca  hingga bagaimana mengelola stress. Banyak dari saran yang diberikan berhubungan dengan bisnis.  Di bawah ini Jeff Bezos memberikan 10 tips memimpin perusahaan:

1. Mendasarkan strategi Anda pada hal yang tidak berubah

Mulai dari menjual lisptik, traktor, pembaca e-book dan data storage merupakan satu kesatuan dari rencana besar dengan 3 nilai penting yaitu menawarkan banyak pilihan, harga murah dan cepat, pengiriman yang dapat dipercaya.

It helps to base your strategy on things that won’t change. When I’m talking with people outside the company, there’s a question that comes up very commonly: “What’s going to change in the next five to ten years?” But I very rarely get asked “What’s not going to change in the next five to ten years?” At Amazon we’re always trying to figure that out, because you can really spin up flywheels around those things. All the energy you invest in them today will still be paying you dividends ten years from now. Whereas if you base your strategy first and foremost on more transitory things—who your competitors are, what kind of technologies are available, and so on—those things are going to change so rapidly that you’re going to have to change your strategy very rapidly, too. “The Institusional Yes : Harvard Business Review”

2. Terobsesi pada pelanggan Anda

“The most important single thing is to focus obsessively on the customer. Our goal is to be earth’s most customer-centric company.”

Pada awal perusahaan Bezos membeli sebuah kursi kosong di ruang rapat. Para karyawan ditekankan untuk memikirkan kursi kosong tersebut yang merupakan anggota rapat paling penting yaitu pelanggan.  Namun sekarang peran penting itu diperankan oleh karyawan yang sudah diberikan traning. Hasilnya adalah tingkat kepuasan pelanggan meningkat drastis.

3. Kami rela disalah pahami pada jangka waktu yang panjang

Banyak ekspansi bisnis Amazon yang membutuhkan banyak biaya pada awalnya. Ekspansi itu kadang membuat harga saham meluncur ke bawah dan membuat para analis sering mencemooh tindakan yang dilakukan Amazon. Bezos hanya mengangkat bahu sebagai jawaban dari tindakannya tersebut. Jika ada goal strategik yang masuk akal baginya, walaupun membutuhkan lima hingga tujuh tahun baru bisa mendapatkan hasilnya, dia akan melakukannya .

konsep kepemimpinan Jeff Bezos

4. Terdapat 2 jenis perusahaan: perusahaan yang berusaha mengenakan biaya yang tinggi kepada pelanggan dan perusahaan yang mengenakan biaya yang rendah pada pelanggan mereka. Kami akan menjadi perusahaan jenis kedua.

Banyak retailer yang membicarakan penekanan biaya dan penghematan pada konsumen. Sedikit retailer yang sangat sering melakukannya seperti Amazon di mana berhemat merupakan satu dari delapan nilai perusahaan. Hasil dari penghematan perlengkapan kantor yang murah yaitu 90 milyar nilai saham di pasar saham dan pertumbuhan pendapatan sebesar 35 %.

Tipe Kepemimpinan Jeff Bezos

5. Tentukan apa yang dibutuhkan pelanggan, berangkat dari situ, buatlah produk, jangan dibalik

Spesifikasi untuk proyek besar Amazon seperti tablet Kindle dan pembaca e-book sudah ditentukan oleh keinginan pelanggan dibandingkan dibuat berdasarkan keinginan internal engineer dari Amazon. Jika pelanggan menginginkan suatu bagian dalam produk hilang maka itu akan dilakukan walaupun perubahan itu  mungkin akan mengganggu suatu departemen yang kuat di perusahaan.

6. Budaya kami adalah friendly dan kuat, tetapi jika tekanan datang mendorong maka kami akan menyelesaikan dengan sangat baik.

Data merupakan bagian paling penting di Amazon, khususnya hasil tes dari reaksi pelanggan terhadap perbedaan fitur dan desain situs. Bezos menyebutnya “ culture of metrics.”

7. Jika Anda ingin menemukan banyak penemuan, Anda harus berani untuk gagal.

“We are willing to go down a bunch of dark passageways, and occasionally we find something that really works.”

Pada awalnya perusahaan mempekerjakan banyak editor untuk menulis buku dan review musik lalu kami memutuskan menambahkan kritik pelanggan sebagai tambahan. Mencoba fitur auction/ pelelangan menjadi kegagalan kami. Bezos menganggap kegagalan adalah bagian dari perusahaan asalkan Amazon bisa belajar sesuatu yang berguna.

konsep kepemimpinan Jeff Bezos

8. Pada zaman dulu, Anda mencurahkan 30% dari waktu Anda untuk membangun layanan yang baik dan 70% waktu Anda untuk mempromosikannya. Pada zaman sekarang, hukum itu berlaku sebaliknya.

Biaya iklan Amazon termasuk sangat kecil untuk ukuran retailer. Bezos percaya cara marketing dari mulut ke mulut jauh lebih penting dalam zaman digital sekarang jadi dia cenderung menggunakan cara peningkatan proses secara  murah yang berarti membuat pelanggan senang lalu mereka akan memberi tahu orang lain.

9. Setiap orang harus bisa bekerja sebagai call center

Komplain bisa dengan mudah menghancurkan brand Anda pada zaman tweet dan blog sekarang. Bezos meminta ribuan manager Amazon, termasuk dirinya mengikuti training call center selama dua hari setiap tahun. Hasilnya : kerendahan hati dan empati kepada pelanggan Amazon.

10. “This is Day 1 for the Internet. We still have so much to learn.”

Bezos pertama kali melakukan pengamatan terhadap dunia internet pada tahun 1997 yang ada dalam surat awalnya kepada para pemegang saham Amazon. Dia tidak pernah beranjak dari itu walaupun ketika kantor utama Amazon merupakan bangunan terbesar di Day 1 North dan Day 1 South. Dalam wawancaranya Bezos masih mengatakan bahwa internet adalah dunia yang belum bisa dipetakan, tidak bisa dimengerti secara sempurna dan selalu bisa menimbulkan kejutan setiap saat.

11. Fokus pada value dari service Anda, jangan terlalu suka pada “hingar bingar” (shiny things)

There are always shiny things. A company shouldn’t get addicted to being shiny, because shiny doesn’t last. You really want something that’s much deeper-keeled. You want your customers to value your service. And there are companies that haven’t gone through tough times, so they’re not really tested. (Wired : Jeff Besoz own the web in more ways than you think”)

12. Jagalah reputasi Anda dengan selalu melakukan yang terbaik.

A brand for a company is like a reputation for a person. You earn reputation by trying to do hard things well

13. Dalam hiring, jadilah sangat pemilih

“I’d rather interview 50 people and not hire anyone than hire the wrong person.”

Bezos sangat pemilih dalam merekrut orang, dia menyadari culture yang hebat mengalir secara natural dari orang-orang yang Anda bawa dalam tim. Per April 2012, Amazon.com memiliki 56,000 yang merupakan orang-orang terbaik dan paling cemerlang.

14. Imitate

Menjadi unik adalah baik, tetapi lebih baik lagi kalau kita memberikan twist pada sesuatu yang sudah terbukti proven.

We watch our competitors, learn from them, see the things that they were doing for customers and copy those things as much as we can.

Don’t turn a blind eye to your competitors. Chances are they’re doing something you could learn from.

15. Grow Slow 

Berapa lama seharusnya sebuah startup mendapatkan profit ? Mungkin 6 bulan ?

Untuk Jeff Bezos dan Amazon.com, membutuhkan 6 tahun. Profitnya hanya $5 million dari revenue $1 billion.

Terdengar seperti cukup lama dengan margin yang kecil, tapi baik-baik saja menurut business plan Bezos yang bisa dibilang lambat. Bezos tidak terburu-buru mengambil profit karena ia ingin menjaga harga tetap murah.

Strategi ini membuat investor frustasi dalam jangka pendek tetapi terbayar dengan sangat besar ketika Amazon bisa survive dari bubble dot com dan mulai menghasilkan profit lebih besar dari tahun ke tahun.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *