Strategi Meningkatkan Penjualan Toko Online : Bagaimana ClickinMoms Menggunakan Komunitas Untuk Membangun Customer Base Sebelum Menjual Produk

Banyak cara dan strategi untuk mendatangkan traffic dan meningkatkan penjualan toko online. Salah satu caranya adalah membangun komunitas sebelum anda jualan. Tetapi cara ini bisa saja tidak selalu berlaku di segala situasi. Misalnya dalam diskusi yang saya ikuti di event kecil ini, seorang rekan menanyakan “kalau mau buat ecommerce, bagusan mana langsung jualan atau bangun komunitas dulu ? kalau kamu memilih membangun komunitas dahulu, sedangkan kompetitor kamu langsung jualan, apakah kita akan kalah speed ?” Jawabannya tentu saja akan tergantung pada banyak hal. Baca juga : Strategi 3C dari Rekan dan Mentor di Ekosistem Internet Entrepreneurship Indonesia

Salah satu kendala terbesar bagi pemula dalam membangun toko online adalah menarik customer baru. Banyak pelaku toko online yang menggunakan strategi pay-per-click untuk mendatangkan customer. Sedangkan yang lain ada yang menggunakan SEO. Dan ada juga yang hanya menggunakan blog. Walaupun beberapa metode itu terbukti berhasil, sepertinya itu tidak berlaku bagi ClickinMoms. Mereka mempunyai cara yang menarik dalam mencari customer, yaitu membangun komunitas dan customer base yang potensial sebelum menjual produk.

Sebuah metode yang tidak tradisional

Sebelum meluncurkan toko mereka. ClickinMoms adalah forum yang ditujukan untuk orang yang tertarik dalam bidang fotografi. Fotografer pemula berkolaborasi di forum dan berdiskusi hal-hal seperti masalah pencahayaan yang tepat, angle yang bagus, dan juga peralatan fotografi. Setelah menumbuhkan popularitas, ClickinMoms mulai mem-publish newsletter mereka sendiri, menjual panduan fotografi, dan masih banyak lagi. Karena mereka sudah mempunyai komunitas yang mengetahui dan mempercayai mereka, semakin mudahlah bagi mereka untuk membangun brand, mendapatkan loyalitas customer, dan menjual produk.

Memilih produk itu biasanya berkisar tentang memenuhi atau menciptakan kebutuhan di antara konsumen, sedangkan apa yang ClickinMoms lakukan adalah membina komunitas yang memiliki interest yang sama sehingga mereka bisa menciptakan customer base sejak awal. Kesulitan menarik customer yang berpotensial menurun karena customer-nya sudah ada dan sama-sama tertarik. Ini seperti memancing ikan dengan jaring, artinya calon customer-nya sudah ada dan cukup banyak, tinggal kita pikirkan cara menjualnya kepada mereka.

clickinmoms forum

Menciptakan komunitas dan mindset

Langkah pertama adalah mencari tahu bagaimana anda merencanakan untuk menciptakan komunitas. Ternyata, caranya sama saja dengan membuat website ecommerce – anda membutuhkan desain yang keren, brand yang solid, dan SEO untuk mendapatkan traffic. Ini bisa dilakukan jika anda passionate dengan apa yang anda lakukan. Tugas yang paling besar adalah menciptakan forum yang fantastis.

Sebelum memulai, anda harus ingat bahwa ini adalah strategi untuk jangka panjang. Jika tujuan anda adalah langsung menyedot uang dari user secepat mungkin, mereka akan sadar dan mungkin akan merasa tidak senang. Tujuan akhir memang menghasilkan uang, tapi komunitas haruslah anda dahulukan jika anda ingin memiliki customer yang loyal. Membangun komunitas yang solid, stabil adalah salah satu langkah terbesar menuju brand yang hebat yang bisa anda ciptakan. Jangan terlalu banyak mencoba menarik uang selama perjalanan anda ke sana.

clickinmoms store

Memperkenalkan produk yang dijual

Dalam situasi tertentu, komunitas yang sudah terbangun mungkin akan kesal ketika anda sudah mulai mencari cara untuk menarik uang dari mereka, karena situs seperti ini atau forum awalnya ditujukan murni untuk tempat saling berkomunikasi, ketika anda mulai menarik uang, suatu komunitas akan menarik kesimpulan bahwa anda mulai bermutasi menjadi binatang yang lapar akan uang. Untuk mencegah hal ini, mulailah dengan perlahan. Ketika situs anda sudah menghasilkan traffic yang lumayan dan user yang cukup banyak, buat halaman sejenis donasi, tapi pastikan tidak menampilkannya/muncul di muka orang terus-menerus karena tidak ada orang yang suka pengemis yang meminta-minta uang.

Jika anda mulai terkenal dan merasa seperti salah satu situs yang keren, anda bisa mulai mempertimbangkan untuk menarik biaya bulanan untuk melihat atau memposting di forum, terutama jika orang yang biasanya memberikan donasi. Anda bisa menawarkan layanan seperti thread yang eksklusif, atau konsultasi bagi mereka yang membayar. Tergantung dari reaksi mereka, beberapa subscriber mungkin ingin membeli produk yang nyata. Perlu anda ingat bahwa ketika suatu forum telah terkenal dan berisikan user yang solid dan berdedikasi tinggi, kemungkinan besar mereka mau membayar sejumlah uang agar terus bisa mengakses forum itu.

Go big

Jika langkah-langkah di atas sudah berhasil, sekarang waktunya anda membesar dan menjual produk yang berhubungan dengan komunitas anda. Anda bisa menjual produk sendiri atau bertindak sebagai perantara, dan menjual produk dari brand lain yang berhubungan dengan komunitas anda. Orang-orang tidak akan keberatan ketika anda menjual produk yang mereka suka dan butuhkan.

Sumber: blog.bigcommerce.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *